Friday, 3 March 2017

 Image result for sakit lutut karena asam urat


Banyak yang mengira bahwa sakit lutut sudah pasti akibat asam urat. Tahukah Anda fakta yang sebenarnya? Berikut ini penjelasan dari dr. Reza Fahlevi.

Mungkin anda sering merasakan sakit lutut. Sakit tersebut dirasakan hilang timbul. Biasanya sakit lutut kerap muncul di pagi hari, setelah berjalan jauh, menaiki tangga atau setelah mengangkat barang berat. “Biasa, penyakit asam urat kambuh,” begitu jawabnya setiap kali ditanya.
Ilustrasi kasus di atas cukup sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Banyak yang menyangka bahwa nyeri lutut pasti disebabkan oleh kelebihan kadar asam urat (artiritis gout). Padahal faktanya, asam urat bukanlah penyebab tersering sakit lutut, terutama pada orang dengan usia lanjut. Lantas, apa penyebabnya?
Osteoratritis dan Artritis Gout

Sebagian dari Anda mungkin mengira bahwa penyakit asam uratlah biang kerok nyeri sendi –termasuk sakit lutut. Namun sebenarnya, artritis gout bukanlah penyebab tersering sakit lutut. Data penelitian membuktikan bahwa pengapuran sendi (osteoartritis) adalah penyebab tersering sakit lutut. Walaupun lebih jarang terjadi, hal lain yang juga dapat menyebabkan sakit lutut adalah rematik (rheumatoid artritis), infeksi sendi (artritis septik), atau masalah pada otot dan ligamen sekitar lutut.

Walaupun keduanya dapat menyebabkan nyeri sendi, terdapat berbagai perbedaan karakteristik nyeri sendi akibat osteoartritis dan arthritis gout. Osteoartritis disebabkan oleh pengapuran sendi akibat proses penuaan. Sementara artritis gout disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat pada sendi. Osteoartritis lebih sering terjadi pada sendi-sendi besar penahan beban tubuh –seperti lutut dan pinggul. Sementara artritis gout lebih sering terjadi pada tulang-tulang yang lebih kecil –seperti pergelangan tangan dan kaki serta jari-jemari.
Nyeri sendi akibat artritis gout biasanya juga menimbulkan proses peradangan sehingga menyebabkan kemerahan, pembengkakan, dan rasa hangat pada sendi yang sakit. Selain itu, artritis gout biasanya juga disertai dengan peningkatan asam urat dalam darah. Sementara osteoartritis akan memperlihatkan gambaran pengapuran sendi pada pemeriksaan rongent lutut.

Jadi sakit lutut tak selalu disebabkan asam urat. Segera periksakan diri ke dokter jika mengalami sakit lutut. Dokter akan melakukan pemeriksaan dengan detail untuk mengetahui penyebab sakit lutut yang Anda alami. Setelah penyebab sakit lutut diketahui, dokter baru akan memberikan penanganan terbaik untuk Anda. Selain obat-obatan dari dokter, Anda pun dapat menggunakan kompres hangat atau obat oles khusus pada lutut yang sakit.

Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55

Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel

Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin

#pemeriksaanlabbanjarmasin

#ceklabbanjarmasin

#ceklaboratoriumbanjarmasin

#cekupbanjarmasin

#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan



Source: okezone.com
Beberapa penyebab nyeri lutut yang harus Anda ketahui. Nyeri Lutut yang disebabkan oleh Cedera atau trauma Cedera pada lutut dapat mempengaruhi salah satu atau beberapa bagian lutut seperti ligamen, tendon atau kantung berisi cairan (bursae) yang mengelilingi sendi lutut, serta tulang, tulang rawan dan ligamen yang membentuk sendi lutut itu sendiri. Cedera yang berupa terkilir dan memar paling sering terjadi selama olahraga tetapi mungkin juga terjadi selama gerakan tiba-tiba atau mendadak, terjatuh, atau kecelakaan lalu lintas. Nyeri lutut akibat rusaknya menisci Menisci adalah lapisan tipis tulang rawan yang terletak antara tibia dan femur. Bentuknya menyerupai bulan sabit atau cakram, jaringan ikat ini menyerap sebagian besar tekanan pada anggota gerak bawah, namun suatu ketika dapat robek jika terjadi tekanan yang terlalu kuat pada lutut, akibatnya tentu terasa sangat sakit pada lutut. Tendinitis Tendinitis merupakan peradangan pada tendon lutut yang ditandai dengan kemerahan sekitar lutut dan terasa nyeri bila disentuh. Kegiatan yang memerlukan gerakan berulang pada sendi lutut dapat meningkatkan risiko tendinitis ini. Selain itu kurangnya pemanasan sebelum latihan dan kondisi medis seperti arthritis juga dapat menyebabkan nyeri lutut tendinitis ini. Bursitis Bursae yang meradang dapat menyebabkan nyeri lutut pada beberapa orang. Bursae merupakan kantong-kantong kecil yang berisi cairan untuk melumasi tendon pada sendi pinggul, bahu, dan lutut agar dapat bergerak bebas di sepanjang sendi. Osteoarthritis (OA) Osteoarthritis (OA) atau pengapuran sendi merupakan masalah radang sendi yang seringkali berulang pada sendi tertentu termasuk lutut. Wanita di atas usia 55 tahun memiliki risiko tertinggi untuk terjadinya pengapuran sendi. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit akibat hilangnya tulang rawan, sehingga menyebabkan tulang bergesekan dan menghasilkan rasa sakit yang luar biasa terutama ketika lutut digerakkan. Gout dan Pseudogout Gout merupakan radang sendi yang terjadi ketika kristal asam urat menumpuk pada sendi. Gout ini paling sering mempengaruhi jempol kaki, juga dapat terjadi pada lutut. Sedangkan pseudogout disebabkan oleh kristal kalsium pirofosfat yang terbentuk pada cairan sendi. Lutut merupakan sendi yang paling sering dipengaruhi oleh pseudogout ini.
Bersumber dari: Beberapa Penyebab Nyeri Lutut yang Harus Diketahui | Mediskus

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB