Thursday, 2 March 2017

                       Image result for kaki bengkak



Kaki bengkak bisa dipengaruhi karena adanya gangguan pada kondisi kesehatan seseorang. Kaki dapat menjadi bengkak akibat suatu proses yang menyebabkan cairan atau darah berkumpul pada kaki. Berkumpulnya cairan pada kaki merupakan suatu akibat pelebaran pembuluh darah, keluarnya cairan dari pembuluh darah, atau penyumbatan sehingga darah sehingga cairan tidak dapat naik. Ketika kaki bengkak perlu dilihat apakah kedua kaki bengkak atau hanya salah satu. Jika hanya salah satu kaki yang bengkak kemungkinan merupakan suatu proses lokal yang paling sering disebabkan oleh reaksi peradangan. Jika kedua kaki bengkak perlu dipikirkan suatu proses sistemik yang dapat disebabkan oleh beberapa penyakit.

Kedua kaki bengkak yang tidak disertai tanda-tanda peradangan seperti kemerahan, perabaan hangat, dan juga nyeri merupakan akibat dari proses sistemik, paling sering disebabkan cairan yang berlebihan di dalam tubuh sehingga cairan keluar dari pembuluh darah dan berkumpul di kaki yang merupakan bagian terendah dari tubuh. Cairan ini dapat berkumpul di kaki karena faktor gravitasi. Terkadang tidak selalu cairan yang berlebih dapat menyebabkan kaki bengkak, seperti pada kasus gagal jantung. Jantung tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh dengan baik sehingga darah menumpuk di belakang jantung dan tubuh menganggapnya kelebihan cairan. 

PENYAKIT TERKAIT

Bengkak sendiri terbagi menjadi dua bengkak pitting dan non pitting. Bengkak pitting adalah bengkak yang dimana jika ditekan maka akan menyisakan tanda bekas penekanan. Bengkak non pitting adalah bengkak yang jika ditekan tidak akan menyisakan tanda bekas penekanan. Ada beberapa penyakit yang menyebabkan kaki bengkak, seperti penyakit yang berhubungan dengan jantung, hati, atau ginjal. Penyakit ini menyebabkan cairan keluar dari pembuluh darah dan berkumpul pada jaringan sekitarnya yang tampak dengan bengkak. Bengkak yang ditemukan hanya pada salah satu kaki paling sering disebabkan peradangan pada pembuluh darah balik. Kondisi ini menyebabkan ketidakmampuan memompa darah balik sehingga tekanan pada pembuluh darah balik tinggi yang menyebabkan cairan menetap pada kaki.

PENCEGAHAN

Tips cara mengatasi agar pembengkakan kaki pada lansia mudah disembuhkan :

1. Mengkonsumsi suplemen
Suplemen yang mengandung zat mineral magnesium dalam dosis tinggi mampu memenuhi asupan magnesium dalam satu hari. Suplemen tersebut hanya boleh dikonsumsi satu kali sehari. Kekurangan zat magnesium pad tubuh biasa menjadi penyebab aktif mengapa kaki pada lansia selalu terlihat bengkak.

2. Melakukan yoga
Melakukan olahraga adalah solusi terbaik untuk para lansia agar peredaran dan pembuluh arteri mereka tetap dalam kondisi baik. Yoga yang dimaksud adalah menggunakan gerakan super halus dan santai yang dilakukan dengan konsisten.

3. Merendam kaki dengan air hangat
Ambil air setengah ember hangat ukuran sedang yang sebelumnya telah ditambahkan dengan minuman berkarbonasi tetapi memiliki kandungan kina. Hal ini dilakukan agar pembengkakan pada kaki cepat mengempis.

4. Mengoles sambil mengosok gosok kaki
Oleskan lalu gosoklah perlahan kaki yang bengkak dan nyeri dengan minyak jeruk agar peredaran darah disekitar pembengkakan lebih lancar dan mempermudah pengempisan kaki yang sedang mengalami pembengkakan.

5. Melakukan berenang
Berenang seminggu dua kali dengan gaya yang sederhana dn biasa saja untuk para manula agar tidak terjadi cedera. Gerakan renang dapat mengaktifkan saraf saraf bagian kaki sehingga peredaran darah selalu stabil dan terhindar dari pembengkakan.

6. Air garam
Kaki yang kelelahan atau terkena infeksi dapat direndam selama 30 menit dengan air hangat yang sebelumnya telah dicampurkan garam. Garam bertindak sebagai antiseptik sekaligus pembersih luka agar tidak menyebabkan luka berubah menjadi infeksi parah. Infeksi kaki dapat menyebabkan kaki dalam kondisi yang membengkak daan nyeri.

7. Menggunakan stoking kesehatan
Stoking kesehatan sudah banyak dijual di pusat perbelanjaan di indonesia dimana pembuatanya telah diukur dan diformulasikan khusus untuk melancarkan peredaran darah seputar kaki agar kaki tidak terserang pembengkakan akibat kelelahan, Alergi atau infeksi.

8. Mengkonsumsi minuman lemon

Minuman jeruk lemon yang telah dicampurkan perasan jahe dan gula aren, Minuman nikmat tersebut dapat menyegarkan saraf dan pembuluh darah termasuk kaki, Sehingga kaki bisa terhindar dari pembengkakan. Penyebab kaki bengkak pada lansia dapat segera dicegah dengan asupan vitamin C serta zat anti inflamasi yang terdapat didalam sari lemon.

Jika kaki anda mengalami pembengkakan tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter sesegera mungkin sehingga dokter dapat mendiagnosa masalah yang mendasar sehingga dokter akan memberikan obat  dan pemeriksaan yang tepat untuk kaki bengkak.


Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55

Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel

Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin

#pemeriksaanlabbanjarmasin

#ceklabbanjarmasin

#ceklaboratoriumbanjarmasin

#cekupbanjarmasin

#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan


Source : Halosehat.com

Pembengkakan pada kaki baik disertai rasa nyeri maupun tanpa rasa nyeri merupakan sinyal lampu kuning bahwa ada sesuatu yang tidak normal pada tubuh kita. Kondisi ini bisa menyiratkan kelainan yang ringan sampai kepada kelainan sangat serius yang melibatkan organ-organ vital kita. Karenanya apabila kita mengalami pembengkakan di sekitar pergelangan kaki (ankle) dalam waktu yang cukup lama, sangatlah bijak bilamana kita tidak menyepelekan atau mengobati sendiri (self medication) dengan mengurut dan sebagainya.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/gustaafkusno/kaki-yang-membengkak-jangan-sepelekan_54ff22e0a33311474550fa07

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB