Monday, 27 February 2017

WASPADA BATU GINJAL !!!!!

Penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis adalah suatu kondisi ketika material keras yang menyerupai batu terbentuk di dalam ginjal. Material tersebut berasal dari sisa zat-zat limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal yang kemudian mengendap dan mengkristal seiring waktu. Endapan batu di dalam ginjal bisa disebabkan oleh makanan atau masalah kesehatan lain yang mendasari. Berdasarkan jenisnya, batu ginjal dibagi menjadi empat, yaitu batu kalsium, batu asam urat, batu struvit, dan batu sistin.

Gejala batu ginjal

Gejala akibat batu ginjal biasanya tidak akan dirasakan penderitanya jika batu ginjal berukuran sangat kecil sehingga bisa keluar dari tubuh secara alami melalui ureter dengan mudah. Ureter adalah saluran yang menyambungkan ginjal dengan kandung kemih.
Batu, terutama yang kecil, bisa tidak menimbulkan gejala. Batu di dalam kandung kemih bisa menyebabkan nyeri di perut bagian bawah. Batu yang menyumbat ureter, pelvis renalis maupun tubulus renalis bisa menyebabkan nyeri punggung atau kolik renalis (nyeri kolik yang hebat). Kolik renalis ditandai dengan nyeri hebat yang hilang-timbul, biasanya di daerah antara tulang rusuk dan tulang pinggang, yang menjalar ke perut, daerah kemaluan dan paha sebelah dalam

Sebelum air kemih (urin) dikeluarkan melalui saluran terakhir uretra air kemih disaring oleh glomerulos. Zat yang berguna akan kembali ke darah, sedangkan zat yang tidak terpakai akan dikeluarkan melalui pembuluh menuju ke piala ginjal, lalu mengalir lewat saluran yang disebut ureter, lalu ke kandung kemih. Jika ginjal kekurangan cairan dalam proses pengeluaran tersebut maka terjadi kekeruhan. Lama-kelamaan mengkristal dan menjadi kerak, seperti batu. Endapan terjadi karena pekatnya kadar garam dalam air seni yang ada di ginjal.

Namun, makanan juga dapat menyebabkan batu ginjal yang nantinya dapat menurunkan fungsi ginjal. Berikut ini enam makanan yang mendorong pembentukan batu ginjal di tubuh,

1. Kafein
Konsumsi kafein yang berlebihan dapat mengarahkan pada pengembangan batu ginjal karena kadar kalsium yang tinggi dalam urine. Hal tersebut juga memicu gagal ginjal karena ada stimulan yang dapat membuat organ kelelahan. Kafein bisa ditemukan dalam kopi, teh, dan soda.

2. Pemanis buatan
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemanis non-kalori dapat merusak fungsi ginjal, jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Jadi, yang terbaik adalah memilih pemanis alami seperti madu.

3. Daging
Protein hewani dapat mendorong pembentukan batu ginjal dan juga kerusakan ginjal. Konsumsi makanan tinggi protein dapat menempatkan tekanan pada ginjal karena limbah protein sulit untuk dibuang. Perlu diketahui bahwa daging juga tinggi asam urat, penyebab umum dari batu ginjal.

4. Sarden
Jika Anda rentan terhadap batu ginjal, Anda harus membatasi asupan tinggi purin (senyawa organik yang dapat meningkatkan aroma). Dan karena sarden tinggi purin, sebaiknya batasi konsumsinya.

5. Minuman berkarbonasi
Minuman berkarbonasi (soda, minuman energi, dan jus kemasan) akan meningkatkan risiko batu ginjal dan bahkan menempatkan Anda pada risiko penyakit ginjal.

6. Produk susu
Produk susu tinggi kalsium baik untuk membangun tulang yang kuat. Namun, bagi mereka yang rentan terhadap batu ginjal, kalsium bukanlah teman. Bahkan, kalsium dapat meningkatkan ekskresi kalsium dalam urine, sehingga limbahnya lebih sulit untuk dibuang sehingga mendorong terbentuknya batu ginjal.
 
sebagai pemeriksaan yang di sarankan oleh dokter untuk penunjang keyakinan di ketahuinya penyakit batu ginjal yaitu pemeriksan darah dan urine yang akan di baca oleh dokter sebagai ahli dalam penyakit tersebut !!!! segera lakukan pemeriksaan agar anda dapat mengetahui kesehatan anda !!! salam sehat dari kami !!

Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55

Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel

Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin

#pemeriksaanlabbanjarmasin

#ceklabbanjarmasin

#ceklaboratoriumbanjarmasin

#cekupbanjarmasin

#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan


0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB