Sunday, 1 January 2017

Hemoglobin merupakan sel darah merah yang bertugas mendistribusikan oksigen serta menghantarkan nutrisi ke dalam tubuh dan nantinya akan disharing kembali melalui organ seperti ginjal, jantung, otak dan paru-paru.

Apa jadinya jika kadar hemoglobin lebih dari normal , apakah bagus bagi kesehatan atau malah menjadi bahaya bagi diri kita sendiri?.

Kadar hemoglobin (Hb) untuk setiap negara bahkan untuk setiap laboratorium sering terdapat perbedaan. Kadar 12-16 gr/dl untuk laki-laki dewasa merupakan kadar yang paling umum digunakan di Indonesia. Kadar hemoglobin dapat meningkat pada beberapa kejadian, yaitu: 

1.Orang yang tinggal di daerah 2 km lebih tinggi dari permukaan laut memiliki Hb lebih tinggi dari pada orang yang tinggal di daerah yang setinggi permukaan laut. Walaupun hal ini  juga bervariasi untuk tiap individu

2.Kerja fisik yang berat 

3.Perubahan posisi dapat menyebabkan kada Hb meningkat sementara. Misal, pada posisi berdiri, kadar Hb lebih tinggi dari pada berbaring 

4.Variasi kadar hemoglobin harian juga terjadi, peneliti mengatakan bahwa pada pagi hari seseorang memiliki kadar Hb tertinggi dan pada sore hari memiliki kadar Hb terendah.

 Gejala Hemoglobin Tinggi

Disebut sebagai hemoglobin tinggi bila kadar melebihi 18 gram/dl hal ini biasa terjadi pada gagal jantung, diare, dehidrasi dan penduduk yang bertempat tinggal di dataran tinggi (pegunungan). Selama tes darah juga dilakukan pengukuran hematokrit guna mengetahui tingkat keketalan darah anda sebagai tingkat penyakit yang diderita.Kasus penyebab hematokrit tinggi lebih dari 55% adalah diare, diabetes mellitus dan ambang bahaya terjadi ketika Hematokrit mencapai > 60%.

Beberapa gejala hemoglobin tinggi antara lain :

1.Sesak napas
2.Sakit kepala
3.Pendarahan, trombosis (pendarahan kecil bisa jadi dibagian yang tidak dapat anda duga, seperti bibir biasa pada penderita gagal ginjal yang selalu cuci darah dan darahnya tersebut tidak dapat membeku/ mengental.
4.Perubahan warna kulit
5.kepala merasa ringan, tidak stabil dan bergoyang-goyang
6.Telinga berdenging
7.Tanpa gejala

Jangan pernah sepelekan tentang kesehatan diri anda sendiri , cek secara rutin tentang kondisi kesehatan anda dengan pergi ke laboratorium untuk memeriksakan kondisi darah anda, apakah rendah ,normal atau malah tinggi jangan sampai menyesal dikemudian harinya

Laboratorium Global (GOLAB)      
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55  
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel   
Telp: 0511-6743187
#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin   
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin  
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin 
#Klinikglobal     
#klinikglobalbanjarmasin     
#klinikbpjs   
#faskesbpjs    
#klinikkemoterapikalimantan


0 komentar:

Popular Posts

TULISAN KAMI

Kunjungi Web Official GOLAB