Friday, 20 January 2017

Leukositosis adalah dimana keadaan sel darah putih meningkat sangat tinggi.Apa jadinya bila kadar leukosit sangat tinggi apakah baik untuk kesehatan atau tidak.

Anda pernah mengalami radang? Radang adalah salah satu reaksi tubuh terhadap masuknya penyakit dalam tubuh. Saat terjadi radang, ada kemungkinan jumlah sel darah putih ikut meningkat. Ia masuk pada sistem kekebalan tubuh, dan akan bertempur melawan kuman, bakteri, virus yang menyerang tubuh. Sel darah putih (leukosit) ini ibarat pasukan pertahanan dalam tubuh manusia.

Leukosit mempertahankan tubuh dari serangan penyakit dengan cara memakan (fagositosis) penyakit tersebut. Begitu tubuh mendeteksi adanya infeksi maka sumsum tulang akan memproduksi lebih banyak sel-sel darah putih untuk melawan infeksi.

Ada beberapa jenis sel darah putih yang dikenal, masing-masing dengan fungsinya sendiri. Fungsi utama menghancurkan kuman (mikroorganisme), bakteri dan virus asing, bahkan sel darah putih dapat memainkan peran dalam reaksi alergi.
Berdasarkan ada tidaknya granula dalam plasmanya, leukosit ada 5 (lima) jenis. Yaitu leukosit yang bergranula (granulosit) yaitu

-Neutrofil, Neutrofil akan melakukan fagositosis terhadap erythrosit, kuman dan jaringan mati.
-Eosinofil, Eosinofil akan meningkat jumlahnya jika tubuh terkena infeksi.
-Basofil, Basofil mempunyai zat kimia anti penggumpalan darah yang disebut heparin.


Leukosit yang tidak bergranula disebut agranulosit yaitu

-Limfosit, Limposit berfungsi membentuk antibodi,
-Mononosit, Monosit akan menganggap zat asing atau mikroba yang masuk ke dalam pembuluh darah sebagai antigen.


Penyebab Leukosit Tinggi
Jumlah sel darah putih yang tinggi bukanlah indikasi penyakit tertentu. Adanya sel darah putih berlebih (leukositosis) menjadi indikator penting untuk kesehatan. Hal ini menunjukan ada yang tidak normal dalam tubuh, seperti:

1.Terjadi infeksi bakteri dan jamur
2.Stress
3.Radang (inflamasi)
4.Trauma
5.Keganasan
6.TBC
7.Penyakit sumsum tulang


Apa efek leukosit yang tinggi?
 
1.Kanker Darah (Leukemia). Sel darah putih atau leukosit berfungsi untuk melindungi tubuh terhadap infeksi atau serangan penyakit lainnya. Naiknya produksi leukosit dalam tubuh karena terjadi infeksi. Tubuh memerlukannya untuk melawan infeksi yang terjadi. Infeksi bisa datang akibat virus, bakteri, atau penyebab lain. Leukosit yang meninggi menjadi jalan bagi pemeriksaan lanjutan. Di antaranya untuk mendeteksi kanker darah atau leukemia. Leukemia adalah penyakit yang disebabkan oleh kelebihan produksi sel darah putih. 

2.Kelainan Sumsum Tulang. Tubuh akan merangsang sumsum tulang agar memproduksi lebih banyak sel darah putih untuk mengatasi infeksi. Sumsum tulang akan bekerja ekstra keras memproduksi leukosit. Sumsum tulang akan terus dipaksa memproduksi leukosit sampai tercapai kondisi aman. Hanya saja, pada saat ada masalah pada sumsum tulang, kadar sel darah putih pun akan semakin meningkat. 

3.Terjadi Peradangan. Setiap terjadi peradangan, alergi, infeksi akan menyebabkan kenaikan jumlah sel darah putih. Ini merupakan reaksi lanjutan terhadap obat yang dikonsumsi untuk meningkatkan produksi sel-sel darah putih. 

4.Demam berulang. Seseorang dengan leukosit tinggi bisa mengeluhkan adanya demam yang berulang. Saat diperiksa di laboratorium, leukosit-nya cenderung tinggi. Kenaikan leukosit yang menyertai keadaan demam bisa menjadi petunjuk ke arah proses infeksi bakteri, serta penanda kelainan dari leukosit itu sendiri

5.Kram dan Gangguan Limpa. Leukosit yang tinggi juga akan diiringi demam, disertai kram pada perut, mual, gangguan pada organ Lien (limpa) atau juga hati. Tubuh mudah merasa lelah dan wajah terlihat pucat

6.Timbulnya penyakit infeksi. Penyakit-penyakit infeksi seperti tifoid, hepatitis, infeksi saluran kemih, infeksi saluran napas, telinga bahkan infeksi kulit bisa menunjukkan hal yang sama.

Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187
#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin
#ceklabbanjarmasin
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan

 


0 komentar:

Popular Posts

TULISAN KAMI

Kunjungi Web Official GOLAB