Wednesday, 25 January 2017

Terlepas dari penyebabnya, demam tinggi, harus diusahakan segera reda. Kompres penderita dengan air hangat. "Lalu berikan paracetamol sebagai obat penurun demam," saran Alan.
Demam tinggi tak boleh dibiarkan. Demam harus diturunkan untuk menghindari terjadinya kejang demam. "Namun, pada demam berdarah panasnya seringkali membandel, sukar diturunkan sampai di bawah 38.

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)
Penyakit Demam Berdarah Dengue atau disingkat DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes aegypti betina. Nyamuk berkaki belang-belang putih ini umumnya menggigit manusia di siang hari. Virus dengue terdiri dari empat jenis (strain), yakni dengue tipe 1, 2, 3 dan 4. Namun tipe yang dominan di Indonesia adalah tipe 3. Virus dengue menyebabkan gangguan pada pembuluh darah kapiler dan sistem pembekuan darah sehingga mengakibatkan perdarahan, yang jika parah dapat menimbulkan kematian. Setelah nyamuk ini menggigit dan menularkan virus dengue, masa inkubasinya sekitar 3-14 hari, setelah masa inkubasi, penderita akan mengalami demam tinggi.
Apa gejalanya?
Gejala penyakit DBD sering tidak terduga. Namun secara umum, penyakit ini memiliki ciri seperti panas tinggi, pusing, bahkan muntah darah. Namun sayangnya, gejala yang sama sering ditemukan pada penyakit lain. Beberapa gejala yang khas dari penyakit DBD antara lain:
1. Mendadak panas tinggi selama 2 – 7 hari, tampak lemah lesu suhu badan antara 38ºC sampai 40ºC atau lebih.
2. Tampak bintik-bintik merah pada kulit dan jika kulit direnggangkan bintik merah itu tidak hilang
3. Kadang-kadang perdarahan di hidung ( mimisan)
4. Mungkin terjadi muntah darah atau berak darah
5. Tes Torniquet positif
6. Bila sudah parah, penderita gelisah, ujung tangan dan kaki dingin berkeringat
7. Hematemesis atau melena (muntah atau berak darah)

Bagaimana dengan sakit tifus dan gejalanya ?
Jika DBD disebabkan oleh virus dengue, penyakit tifus adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Salmonella typhi. Bakteri ini akan berkembang cepat pada tempat-tempat yang kotor. Penyebarannya dibantu oleh serangga-serangga pembawa bakteri, seperti lalat atau serangga lainnya. Jika lalat pembawa bakteri ini hinggap di makanan atau minuman yang mengandung bakteri ini, lalu kita memakan atau meminumnya, maka bisa menyebabkan terkena tifus.
Gejala tifus antara lain adalah:
1. Pada awalnya demam tak begitu tinggi dan akan terus naik hingga mencapai lebih dari 38 derajat Celcius.
2. Pada malam hari, suhu tubuh akan meningkat dan akan kembali turun pada pagi harinya.
3. Sakit perut, mual, dan muntah
4. Lidah berwarna putih/kotor
5. Rasa lemah lesu, badan menggigil, sakit kepala
6. Urin berwarna agak kecoklatan
7. Denyut nadi melambat
8. Nyeri otot, badan pegal-pegal
9. Hilang nafsu makan

Apa beda gejala yang khas antara DBD dengan tifus?

Sebenarnya yang paling khas bedanya adalah pola demamnya. Pada penderita DBD, gejala panas tinggi terjadi secara mendadak. Gejala lainnya adalah tampak bintik-bintik merah pada kulit, dan jika kulit direnggangkan bintik merah itu tidak hilang. Sedangkan pada tifus, penyakit ini memiliki pola panas yang berbeda. Untuk penderita tifus, biasanya panas timbul pada sore dan malam hari. Pagi menjelang siang sudah mulai turun, lalu sore harinya kembali panas. Tifus juga mengenai saluran cerna, jadi selain ada gejala demam tinggi juga masalah di saluran pencernaan. Ciri khas lain demam dengue adalah pada hari kelima biasanya demamnya turun.Tapi hati-hati, walaupun demamnya turun tapi bukan berarti semakin baik. Ini merupakan fase yang berbahaya karena merupakan fase kritis. Sementara pada pasien tifus demam yang turun artinya penyakitnya makin baik.

sebab itu saat terkena demam, segeralah periksakan kesehatan ke laboratorium dan dokter karena demam tinggi dan gejala lainnya tidak dapat di biarkan karena kita tidak dapat mengetahui apabila tidak memeriksakannya!!!!!


Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55


Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel

Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin
#ceklabbanjarmasin
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan

0 komentar:

Popular Posts

TULISAN KAMI

Kunjungi Web Official GOLAB