Sunday, 15 January 2017

                      Image result for fatty liver cartoon 

Masih banyak orang yang tidak mengetahui istilah fatty liver. Sehingga, mungkin banyak juga yang sudah menderita penyakit ini, tetapi mereka tidak menyadarinya. Padahal, jika penyakit ini dibiarkan dan tidak diatasi, maka bisa timbul penyakit yang lebih parah.



Apa Itu Fatty Liver ?

Fatty liver merupakan penyakit yang menyerang organ tubuh hati. Fatty liver disebabkan karena kelebihan lemak pada hati atau sering dikenal penyakit perlemakan hati. Fatty liver atau perlemakan hati merupakan keadaan dimana di dalam hati terlalu banyak kumpulan lemak yang berlebih yang ada di sel-sel hati kita. Sel hati yang normal mengandung lemak kurang dari 10% dari berat hati. Jadi jika seseorang lemak hatinya sudah lebih dari 10% dari berat hatinya ini menandakan sudah terkena fatty liver.

Fatty liver dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu pada pengonsumsi alkohol (alcoholic fatty liver), non-alkohol (nonalcoholic fatty liver/NAFL), dan yang terjadi selama kehamilan. 

Khusus penyakit perlemakan hati non-alkohol jarang sekali menunjukkan gejala yang jelas.
Ketika perlemakan hati sudah berjalan beberapa waktu, ada kemungkinan penderitanya mengalami rasa sakit di perut bagian kanan atas, kelelahan, dan penurunan berat badan. Ada pula gejala lain seperti mual, linglung, ataupun sulit berkonsentrasi. Kulit bagian leher ataupun ketiak tampak kehitaman.

Ketika perlemakan hati sudah berjalan beberapa waktu, ada kemungkinan penderitanya mengalami rasa sakit di perut bagian kanan atas, kelelahan, dan penurunan berat badan. Ada pula gejala lain seperti mual, linglung, ataupun sulit berkonsentrasi. Kulit bagian leher ataupun ketiak tampak kehitaman.
Sekilas, gejala fatty liver bisa saja disalahartikan dengan gangguan lambung.  Misalnya, peradangan pada dinding lambung atau gastritis. Gejalanya hampir serupa yaitu mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan. Namun, rasa nyeri gastritis biasanya pada perut bagian atas. Jika sudah parah, bisa diiringi muntah darah atau tinja berwarna merah.

Kapan Melakukan Pemeriksaan ?
ketika anda memiliki keluhan segera lah datangi dokter. Karena keluhan  jarang sekali dirasakan oleh penderita fatty liver, hal ini karena lemak yang tertimbun berlangsung secara perlahan dan sedikit demi sedikit. Gejala baru bisa diketahui seringnya jika telah periksa ke dokter, periksa darah, billirubin, SGOT/SGPT, kolesterol atau pemeriksaan CT-scan. 

Bagaimana Cara Mengatasinya ?

Kondisi fatty liver tidak dapat diobati atau dilakukan operasi. Umumnya, dokter akan memberikan rekomendasi untuk menekan faktor risiko dengan memperbaiki gaya hidup yang lebih sehat, menjaga stabilitas kadar kolesterol dan gula darah, dan menurunkan berat badan.
Selain itu, memperbaiki kondisi fatty liver juga termasuk dengan memilih jenis makanan yang lebih sehat. Seperti mengganti daging merah dengan ayam atau ikan, serta mengonsumsi lebih banyak sayur, buah, dan biji-bijian utuh.

Kemungkinan dokter juga akan merekomendasikan pasien fatty liver mendapatkan vaksinasi hepatitis A dan. Itu diperlukan untuk membantu melindungi tubuh dari virus yang dapat memperparah kerusakan organ hati..

Kenali gejala fatty liver dan sedapat mungkin hindari gaya hidup yang dapat memicunya. Lakukan  medical check up secara berkala paling tidak  6 bulan sekali uuntuk mengontrol kesehatan anda.

Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55

Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel

Telp: 0511-6743187



#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin

#pemeriksaanlabbanjarmasin 

#ceklabbanjarmasin 

#ceklaboratoriumbanjarmasin

#cekupbanjarmasin

#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan

 

0 komentar:

Popular Posts

TULISAN KAMI

Kunjungi Web Official GOLAB