Thursday, 8 December 2016




 Image result for sakit pinggang kiri
Sakit pinggang merupakan masalah umum yang sering kita alami, biasanya orang hanya menganggap bahwa sakit pinggang sebelah kiri adalah hal biasa terjadi karena terlalu sering mengangkat beban berat dan sering melakukan aktivitas lainnya, namun tahukah Anda sakit pinggang tak hanya disebabkan karena terlalu sering mengangkat beban, sakit pinggang sebelah kiri juga dapat mengindikasikan seseorang mengalami masalah kesehatan lainnya. 

Pada artikel kali ini kami akan membahas beberapa penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang perlu Anda ketahui.

 1. Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis adalah suatu kondisi ketika material keras yang menyerupai batu terbentuk di dalam ginjal. Material tersebut berasal dari sisa zat-zat limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal yang kemudian mengendap dan mengkristal seiring waktu.

Dalam mendiagnosis batu ginjal dokter akan memberikan Tes  berupa pemeriksaan urine, pemeriksaan darah, dan pemindaian (misalnya USG, rontgen, CT scan, dan intravenous urogram/IVU). Pemeriksaan urine dilakukan untuk mengetahui keberadaan infeksi pada saluran kemih yang terkait dengan batu ginjal. Selain itu, jika sampel urine mengandung serpihan batu ginjal, tes ini dapat membantu dokter dalam mengenali jenis batu ginjal yang terbentuk.

2. Kista ovarium

Keberadaan kista sering tidak terdeteksi karena sebagian besar tidak menyebabkan gejala. Tetapi jika terdapat indikasi adanya kista ovarium, Anda akan dirujuk ke dokter spesialis ginekologi untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Sebelum menjalani USG dan pemeriksaan darah spesifik, dokter akan memeriksa organ intim dan sekitar perut bawah untuk keberadaan kista. Tes darah yang dianjurkan adalah untuk mengukur protein CA125. Jika CA125 rendah, berarti pasien aman. Tetapi jika tinggi, ada kemungkinan pasien menderita kanker ovarium. Peningkatan protein ini juga dapat disebabkan oleh penyakit selain kanker ovarium seperti endometriosis dan  tuberkulosis.

3. Infeksi Ginjal 

Infeksi ginjal terjadi ketika terdapat infeksi bakteri yang menyebar hingga ke organ ginjal, baik salah satu maupun kedua-duanya. Bakteri yang paling umum menyebabkan infeksi ini adalah bakteri yang ada di kotoran manusia, bernama E. coli. Ini adalah jenis bakteri yang sama yang menyebabkan infeksi saluran kemih.

4. Siatika

Siatika disebabkan oleh tertekannya syaraf yang menghubungkan syaraf tulang belakang dan kaki seseorang. Hal ini bisa terjadi ketika orang tersebut mengalami pergeseran cakram tulang belakangnya. Cakram tulang belakang adalah struktur di antara tulang belakang yang berfungsi untuk meresap tekanan dan mempermudah pergerakan sendi tulang belakang. Salah satu ciri umum dari siatik adalah timbulnya kesemutan atau sensasi perih yang menyertai rasa sakit.

5. Spinal spinosis

Penyempitan tulang belakang yang menyebabkan tertekannya syaraf tulang belakang disebut spinal stenosis. Tekanan pada syaraf tulang belakang akibat spinal spinosis bisa menyebabkan kebas, kram, dan lemas pada bagian tubuh manapun, tergantung pada syaraf mana yang tertekan. Umumnya gejala akan bertambah parah dengan posisi berdiri dan berjalan. Penyebab utama spinal stenosis adalah degenerasi cakram tulang belakang.

Laboratorium Global (GOLAB) Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin   
#Klinikglobal      
#klinikglobalbanjarmasin    
 #klinikbpjs   
 #faskesbpjs     
 #klinikkemoterapikalimantan




0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB