Tuesday, 20 December 2016

                                      Image result for bintik merah


Ketika muncul bintik-bintik merah pada tubuh sebagian orang langsung mengarah ke demam berdarah apalagi jika disertai dengan timbulnya gejala demam. Demam yang disertai dengan bintik-bintik merah belum tentu disebabkan oleh demam berdarah (DB) meskipun demam disertai bintik merah merupakan salah satu gejala DB. Bisa jadi gejala ini pertanda ini anda sedang terinfeksi campak. Demam berdarah dan campak sama-sama disebabkan oleh virus dan memiliki gejala demam disertai ruam / bintik merah. Namun jenis virus yang menyebabkan campak dan DBD berbeda. Untuk memastikannya dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut.

1. DBD (Demam Berdarah)

Pada DBD, gejala demam dan bintik merah dapat disertai dengan mual, muntah, nyeri otot, sakit kepala, mimisan, muntah darah, gusi berdarah, BAB hitam, pembesaran hati dan limpa, sampai terjadinya syok (tekanan darah turun hingga penurunan kesadaran).  

Waspadalah terhadap demam berdarah dengue (DBD) dan dengue shock syndrome sebagai dua komplikasi demam dengue yang mematikan, meskipun dua kondisi tersebut tergolong langka dan lebih berisiko terjadi pada orang yang sistem kekebalan tubuhnya tidak mampu melawan infeksi demam dengue atau pada orang yang sebelumnya pernah terkena demam dengue dari tipe virus berbeda.

2.Campak / rubeola

Pada penyakit campak, gejala demam dan bintik merah dapat disertai dengan nyeri tenggorokan, sariawan, radang pada mata, batuk, pilek, dan rasa gatal pada ruam / bintik merah. Apabila tetangga / keluarga ada yang mengalami gejala yang sama, kemungkinan bintik merah tersebut adalah gejala campak karena campak adalah penyakit menular.


Ruam /bintik merah campak muncul paling lambat empat hari setelah gejala pertama dan bertahan sekitar tujuh hari. Awalnya akan muncul dari belakang telinga, kemudian menyebar ke kepala dan leher, hingga akhirnya ke seluruh tubuh. Awalnya, bercak berukuran kecil, tapi akan membesar dengan cepat sebelum akhirnya bercak-bercak itu menyatu.

Sebaiknya Anda segera menghubungi dokter, klinik, atau rumah sakit terdekat jika mencurigai anak Anda menderita campak. Diagnosis campak bisa dilakukan dengan melihat kombinasi gejala-gejala yang muncul dan melalui tes sampel air liur.

Jika anda mengalami gejala-gejala diatas jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter , biasanya dokter akan melakukan tes laboratorium untuk mengetahui  penyebab pasti munculnya gejala tersebut.
eberapa hal yang dapat anda lakukan untuk meringankan gejala demam:
  • Berikan penurun demam paracetamol setiap 6-8 jam.
  • Kompres hangat terutama di daerah lipatan.
  • Mandi dengan air hangat atau cukup diseka dengan waslap.
  • Minum cukup air putih.
  • Istirahat cukup.
  • Taburkan bedak salycil bila gatal.
  • Segera bawa ke rumah sakit bila ada penurunan kesadaran atau ada tanda perdarahan seperti mimisan, muntah darah, dan BAB hitam
Laboratorium Global (GOLAB)    
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel 
Telp: 0511-6743187
#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin 
#Klinikglobal   
#klinikglobalbanjarmasin   
#klinikbpjs 
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan

Source :Alodokter

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB