Friday, 9 December 2016



Demam tifoid, dikenal juga dengan sebutan tipes, disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi. Bakteri ini biasa berdiam di dalam air atau makanan. Seseorang dapat menderita demam tifoid karena mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri tersebut.

Gejala tipes bisa datang secara tiba-tiba, bisa juga datang secara bertahap dalam kurun waktu beberapa minggu. Jika tidak diobati, gejala tipes akan memburuk seiring waktu. Memburuknya kondisi gejala tipes yang tidak diobati akan disertai juga dengan kemunculan ruam berbintik merah di dada, berat badan menurun, serta perut kembung.

Gejala Tipes pada Anak Secara Umum
Gejala tipes pada anak sama dengan orang dewasa, baik dari durasi berlangsungnya demam, tanda-tandanya, maupun cara penanganannya. Gejala pada tipes atau demam tifoid bisa ringan maupun berat, tergantung kepada kondisi kesehatan, usia, serta sejarah vaksinasi penderita.

Gejala-gejala umum yang biasanya muncul ketika anak terserang tipes meliputi:
  • Demam tinggi (mencapai 40°C)
  • Sakit perut dan bisa disertai dengan diare
  • Merasa lemah, lelah, dan tubuh pegal-pegal
  • Sakit kepala
  • Nyeri tenggorokan
  • Sembelit
  • Kehilangan nafsu makan
  • Pembesaran hati dan limfa
  • Munculnya lapisan di lidah
Demam tifoid pada anak jarang sampai ada yang menyebabkan komplikasi masalah kesehatan yang serius. Jika berujung kepada komplikasi, biasanya berupa masalah pencernaan, yaitu adanya lubang pada usus. Kondisi ini dinilai serius dan membutuhkan penanganan di rumah sakit secepatnya.Penanganan Demam Tifoid yang Tepat

Apabila gejala tipes pada anak telah muncul, bersiaplah untuk segera memerangi penyakit ini.
Langkah pertama yaitu penderita dibawa ke klinik atau rumah sakit terdekat guna mendapatkan penanganan yang sebelumnya dilakukan pemeriksaan laboratorium dulu untuk mendiagnosa penderita apakah memang benar menderita tipes.

Setelah penanganan di klinik atau rumah sakit, yang biasanya mendapatkan pemberian antibiotik yang berbeda-beda tergantung kondisi pasien, setelah itu pasien bisa melakukan perawatan dirumah jika kondisi pasiennya memungkinkan.


Langkah-langkah penanganan untuk penderita tifoid dijalani melalui dua tahap. Langkah pertama, penderita harus mendapatkan perawatan di rumah sakit. Setelah itu, disarankan untuk melanjutkan perawatan di rumah sebagai langkah penanganan kedua. Perawatan di rumah bisa dilakukan dengan cara perbanyak mengonsumsi cairan, perhatikan asupan makanan dan  tambahkan madu dalam teh hangat, minuman ini baik untuk membantu memulihkan gejala demam tifoid.

Jangan lupa, tanyakan dahulu kepada dokter mengenai bentuk perawatan alami di rumah agar tidak bertolak belakang dengan perawatan medis dari rumah sakit demi menghindari risiko gangguan kesehatan.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat.


Laboratorium Global (GOLAB) Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin   
#Klinikglobal      
#klinikglobalbanjarmasin    
 #klinikbpjs   
 #faskesbpjs     
 #klinikkemoterapikalimantan 
 
Sumber : Alodokter

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB