Wednesday, 21 December 2016

           Image result for penyebab keringat dingin 


Berkeringat adalah cara tubuh kita untuk mendinginkan diri. Ketika temperatur memanas, jutaan kelenjar keringat kecil di kulit Anda diaktifkan dan keringat akan keluar melalui pori-pori. Seraya keringat menguap, tubuh akan mendingin. Anda tidak dapat mencegah keringat keluar di saat udara panas. Namun pernahkah anda berkeringat namun tubuh anda kedinginan ? 

Keringat dingin dapat muncul sebagai akibat dari aktifnya respon “fight or flight”. Respon ini merupakan reaksi fisiologis dari tubuh manusia yang terjadi secara otomatis teraktivasi saat merasa terancam dan bersiap-siap menghadapi bahaya. Keadaan-keadaan yang dapat memicu respon “ fight or flight” adalah saat merasakan nyeri hebat, kekurangan oksigen, ketakukan, dan kekurangan glukosa dalam darah.

Keringat dingin dapat menjadi gejala dari penyakit yang berbahaya, seperti :
1. Syok yang merupakan keadaan berkurangnya aliran darah ke otak dan organ vital. Syok dapat disebabkan oleh perdarahan hebat, reaksi alergi atau anafilaktik, infeksi berat, penyakit jantung, dan nyeri hebat;
2. Luka berat yang mengakibatkan nyeri hebat dan perdarahan, seperti jatuh dari ketinggian, patah tulang akibat kecelakaan kendaraan bermotor, atau amputasi;
3. Serangan jantung yang ditandari dengan nyeri tertekan pada dada sebelah kiri,jantung berdebar-debar, dan sesak napas;
4. Stroke ditandai dengan berbicara menjadi pelo, lumpuh sebelah anggota gerak, dan dapat juga terjadi penurunan kesadaran;
5. Gangguan pernapasan seperti tercekik, serangan asma, dan infeksi paru berat;
6. Hipoglikemia akibat insulin atau obat yang menstimulasi insulin, tumor pankreas, dan gangguan makan. Hipoglikemia ditandai dengan keringat dingin, badan gemetaran, lemas, mengantuk bahkan pingsan;
7. Penyakit kejiwaan seperti gangguan cemas, gangguan panik, dan fobia.
 Setelah mengetahui penyebab dari keringat dingin mari kita ketahui cara meredakan keringat dingin .
Pertama cari tahu dulu Penyababnya .Jika dipicu oleh stres atau tegang, maka bisa diatasi dengan cara-cara yang dapat dilakukan di rumah. Namun, jika dibutuhkan pengobatan, selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan, antara lain:
  • Perbaiki pola makan. Upayakan makan tidak terlalu dekat dengan waktu tidur, serta batasi asupan makanan tinggi gula sebelum tidur. Jika level gula Anda rendah, jangan lewatkan waktu makan atau bagilah menjadi beberapa porsi dalam sehari.
  • Minimalisasi ketidaknyamanan dalam kamar. Pilih tirai berwarna gelap untuk jendela serta singkirkan benda-benda yang memancarkan cahaya, seperti komputer, lampu, atau televisi agar terhindar dari polusi cahaya. Saat tidur, gunakan pakaian yang longgar dan nyaman,selain itu atur suhu kamar kepada suhu yang sejuk.
  • Buat diri Anda lebih aktif. Lakukan olah napas atau kegiatan olah raga  yang bermanfaat, seperti yoga atau joging yang bisa membantu Anda untuk lebih relaks. Bila perlu, lakukan kegiatan yang dapat mengalihkan pikiran, seperti membaca atau bermain puzzle untuk mengusik kekhawatiran atau pikiran negatif.
  • Konsumsi obat-obatan. Selalu konsultasikan dengan dokter mengenai terapi dan obat-obatan yang tepat untuk mengatasi keluhan keringat dingin yang Anda rasakan.
 Pada kasus tertentu, keringat dingin bisa menjadi indikasi penyakit dan bahkan keadaan darurat yang mengancam jiwa. Segera periksa ke dokter jika keringat dingin yang muncul diiringi dengan demam tinggi, kejang, kulit, bibir dan kuku yang pucat atau membiru, dan muntah atau buang air besar berdarah. Selain itu waspadai juga jika detak jantung tidak teratur, tenggorokan terasa tercekat, dan sulit bernapas. Nyeri pada dada, punggung atas, rahang, bahu, atau lengan juga merupakan tanda-tanda yang harus diwaspadai.

Laboratorium Global (GOLAB)    
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel 
Telp: 0511-6743187
#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin 
#Klinikglobal   
#klinikglobalbanjarmasin   
#klinikbpjs 
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan

Source :Alodokter

Keringat dingin biasanya muncul malam hari (keringat malam) yang tiba-tiba keluar terkadang berlebihan yang tidak disebabkan oleh suhu lingkungan yang panas ataupun aktifitas fisik (olahraga atau latihan) sehingga tubuh terasa kedinginan termasuk keringat pada telapak tangan, ketiak, dan kaki. Istilah medis keringat dingin adalah diaforesis. Keringat dingin merupakan respon tubuh terhadap stres, yang disebut fight or flight response.
Bersumber dari: Ketahui Penyebab Keringat Dingin yang Anda Alami | Mediskus
Keringat dingin biasanya muncul malam hari (keringat malam) yang tiba-tiba keluar terkadang berlebihan yang tidak disebabkan oleh suhu lingkungan yang panas ataupun aktifitas fisik (olahraga atau latihan) sehingga tubuh terasa kedinginan termasuk keringat pada telapak tangan, ketiak, dan kaki. Istilah medis keringat dingin adalah diaforesis. Keringat dingin merupakan respon tubuh terhadap stres, yang disebut fight or flight response.
Bersumber dari: Ketahui Penyebab Keringat Dingin yang Anda Alami | Mediskus

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB