Tuesday, 8 November 2016

Image result for stroke

Tentu banyak yang mengetahui dan sering mendengar orang menyebut-nyebut kata stroke. Apa sebenarnya pengertian stroke itu? Stroke berasal dari bahasa inggris stroke atau cerebrovascular accident, CVA yaitu suatu kondisi yang terjadi pada saat distribusi darah ke bagian tertentu yang ada pada otak tiba-tiba terganggu. Didalam jaringan otak, Apabila aliran darah kurang, dapat menyebabkan reaksi biokimia yang bisa merusak bahkan mematikan sel-sel saraf yang berada pada otak. Sehingga menyebabkan jaringan otak kehilangan fungsinya.

Biasanya stroke menyerang secara tiba-tiba. Kalo tidak dapat mengenali gejala-gejala stroke, bisa berdampak sangat fatal. 

Dibawah ini beberapa gejala penyakit stroke seperti dilansir dari ABC News

1.) Gangguan Penglihatan (Pandangan Kabur)
Apabila seseorang terkena stroke bisa mengakibatkan penglihatan menjadi ganda, kabur bahkan salah satu penglihatan pada salah satu mata bisa kehilangan fungsinya.

2.) Susah Bicara
Apabila seseorang terkena stroke, kemampuan untuk memahami perkataan orang lain dan kemampuan mengekspresikan diri melalui kata-kata menjadi menurun. Tes sederhana seperti menyuruh mengucapkan beberapa kalimat mungkin dilakukan oleh dokter untuk mengetahui seberapa besar seseorang terkena stroke.

3.) Bagian Lengan dan Kaki Lunglai
Apabila seseorang terkena stroke, salahsatu lengan atau kaki lunglai bahkan keduanya bisa juga mendadak lunglai, lumpuh bahkan mati rasa. 

4.) Kehilangan Keseimbangan 
5.) Nyeri
Meskipun gejala nyeri bukan merupakan gejala umum stroke namun, jika yang dirasakan nyeri secara mendadak pada satu bagian lengan, kaki, sebagian dada, sebagian wajah, atau sebagian dada jangan dianggap sepele, Ada baiknya untuk segera melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter ahli.

6.) Sakit Kepala Akut
Apabila terkena sakit kepala akut, maka wajib diwaspadai. Apalagi jika sakit kepala tersebut merupakan sakit kepala yang sangat sakit yang pernah Anda alami, bisa saja itu merupakan salahsatu gejala stroke. 

7.) Wajah Murung
Gejala Stroke bisa menyebabkan otot wajah menjadi lemah secara mendadak pada salahsatu sisi. Dokter melakukan tes sederhana dengan meminta Anda tersenyum atau memperlihatkan gigi Anda. Namun, apabila salahsatu wajah Anda tidak bergerak, bisa saja itu merupakan salahsatu gejala stroke.

8.) Kelelahan
Perubahan kondisi mental, khususnya pada wanita yang merupakan penderita stroke seringkali mengalami kelelahan, disorientasi dan juga adanya perubahan status mental.

9.) Cegukan
Pada umumnya cegukan merupakan gejala kecil pada seseorang yang mengalami stroke. Namun, apabila kemudian stroke menyerang pada bagian organ otak yang memiliki fungsi untuk mengatur sistem pernapasan, bisa memicu adanya cegukan yang mendadak dan tidak berhenti-berehenti. Gejala seperti ini biasanya sering ditemukan pada wanita.

10.) Sesak Napas
Sesak napas atau paptilasi jantung yaitu detak jantung yang tidak normal, menurut studi menyebutkan bahwa ini merupakan salahsatu gejala yang sering dialami oleh wanita.

Diatas merupakan gejala terkena penyakit stroke. Langkah diagnosis yang lebih pasti, Anda bisa mengkonsultasikannya dengan dokter ahli. Penanganan yang cepat dan tepat dapat meminimalisir dari seseuatu yang tidak diinginkan.

Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan

 source: Hariansehat.com


0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB