Tuesday, 22 November 2016

Anemia defisiensi besi adalah kondisi kekurangan nutrisi zat besi yang mengakibatkan penurunan jumlah sel darah merah. Anemia terjadi ketika tubuh mengalami kekurangan sel darah merah yang sehat dan dapat berfungsi dengan baik. Dalam laman ini, anemia akibat kekurangan zat besi akan dibahas lebih dalam.
zat besi diperlukan tubuh untuk menghasilkan komponen sel darah merah yang dikenal sebagai hemoglobin. Hemoglobin di dalam sel darah merah dibutuhkan oleh tubuh untuk mengikat dan mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh organ. Selain itu juga berperan dalam pembuangan karbondioksida dari sel-sel tubuh di paru-paru. Jika tubuh manusia kekurangan sel darah merah, penyebaran oksigen dan pembuangan karbondioksida akan terganggu.

Anemia jenis ini  umum terjadi pada orang di segala usia, termasuk anak-anak, dengan penderita wanita lebih banyak dibanding pria. Sebagian besar kasus anemia terjadi di negara yang masih berkembang termasuk Indonesia. Anemia defisiensi besi adalah salah satu jenis anemia yang paling umum. 

Wanita yang mengalami haid berlebihan cenderung menderita anemia. Hal ini terjadi karena banyaknya darah yang terbuang, inilah yang menjadi penyebab anemia pada wanita di masa subur.
Anemia juga umum terjadi pada wanita hamil. Pada masa hamil, kebutuhan zat besi wanita meningkat karena janin dalam kandungannya turut menyerap zat besi dan vitamin agar dapat tumbuh secara normal. 

Gejala Yang Muncul Akibat Anemia Defisiensi Besi

Tingkat gejala anemia tergantung kepada seberapa cepat cadangan zat besi tubuh menurun. Ada penderita yang mengalami hampir semua gejala, sedangkan ada beberapa yang hanya merasa lelah. Berikut adalah gejala anemia yang umum terjadi:

1.Mudah atau lebih cepat lelah
2.Mudah tersinggung
3.Kurang berenergi
4.Muka pucat
5.Sesak napas
6.Sulit berkonsentrasi atau berpikir.
7.Pusing dan sakit kepala

8.Kaki dan tangan terasa dingin
9.Sensasi kesemutan pada kaki
10.Lidah membengkak atau terasa sakit
11.Sistem kekebalan tubuh menurun sehingga rentan terkena infeksi
12.Sakit pada dada
13.Jantung terasa berdetak dengan cepat

Tanda-tanda lain yang bisa muncul akibat anemia adalah kuku menjadi mudah patah, rambut rontok dan nafsu makan yang menurun.

Diagnosis Anemia Defisiensi zat Besi

Jika Anda mengalami gejala-gejala anemia, segeralah memeriksakan diri ke klinik atau rumah sakit terdekat. Beri tahu dokter tentang gejala yang Anda alami. Untuk memastikan apakah Anda benar-benar menderita anemia bisa dilakukan dengan prosedur tes darah.
Tes darah seseorang yang menderita anemia akibat kekurangan zat besi akan menunjukkan hasil seperti berikut ini:

1.Tingkat sel darah merah di bawah normal
2.Volume sel darah merah yang lebih kecil
3.Tingkat hemoglobin di bawah normal
4.Tingkat feritin di bawah normal

Feritin adalah protein yang menyimpan zat besi dalam tubuh. Jika tingkat feritin di bawah normal, berarti persediaan zat besi telah digunakan dan tidak ada banyak zat besi yang tersedia lagi.
Folat dan vitamin B12 juga berperan dalam menghasilkan sel darah merah yang dapat berfungsi dengan baik. Ketika tubuh kekurangan vitamin B12 dan folat, anemia bisa terjadi.

Bagi penderita wanita yang mengalami menstruasi berlebihan atau menorrhagia, disarankan untuk melakukan pemeriksaan daerah panggul untuk melihat apakah ada tanda infeksi atau penyebab perdarahan. Pemeriksaan ini bisa dilakukan dengan prosedur ultrasound.

Jika sudah dipastikan Anda menderita anemia defisiensi besi, Anda mungkin akan diminta jalani pemeriksaan endoskopik dan kolonoskopi. Endoskopi dilakukan untuk melihat sumber perdarahan di dalam kerongkongan dan juga bagian dalam lambung. Sedangkan kolonoskopi dilakukan untuk memeriksa sumber perdarahan di sekitar dinding dalam usus besar.

Laboratorium Global (GOLAB) Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55

Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel

Telp: 0511-6743187



#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin

#pemeriksaanlabbanjarmasin 

#ceklabbanjarmasin 

#ceklaboratoriumbanjarmasin

#cekupbanjarmasin

#cekkesehatanbanjarmasin

#medicalchekupbanjarmasin 
#Klinikglobal    
#klinikglobalbanjarmasin    
#klinikbpjs 
#faskesbpjs   
#klinikkemoterapikalimantan




0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB