Tuesday, 29 November 2016

Kadar hemoglobin (Hb) normal adalah di 13,8-17,2 gm / dL darah untuk pria dan 12,1-15,1 gm / dL darah untuk wanita. batas normal untuk anak-anak berbeda antar jenis kelamin dan usianya.
Bersumber dari: 13 Penyebab Hb Rendah yang Bikin Darah Rendah | Mediskus
Related image 

Kadar Hemoglobin (Hb) Normal dalam tubuh adalah 13,8-17.2 g/dl untuk pria dan 12,1-15.1 g/dl untuk wanita. Batas Normal untuk anak-anak dan dewasa berbeda berdasarkan jenis kelamin dan usianya
Jika seseorang memiliki jumlah hemoglobin yang lebih rendah dari ukuran normal, hal tersebut dapat menandakan bahwa kadar oksigen dalam darahnya juga cukup rendah, yang pada akhirnya dapat berdampak pada gangguan kesehatan seperti anemia dan juga sesak nafas. Dampak lain dari rendahnya tingkat hb seseorang adalah semakin memburuknya masalah jantung yang dialami seseorang yang mana gangguan ini ditandai dengan timbulnya rasa nyeri pada dada serta jantung berdebar-debar. Hal ini dikarenakan organ jantung bekerja ekstra keras untuk mengatasi kekurangan oksigen dalam darah.

Berikut ini beberapa kondisi dan penyakit penyebab Hb rendah seperti, :
1. anemia aplastik
2. kekurangan zat besi
3. kekurangan vitamin
4. Leukemia
5.Kanker
6.Sirosis Hati
7.Penyakit Ginjal
8. Sindrom Mylodisplastik
9. Limfoma Hodgkin
Kekurangan vitamin Kekurangan zat besi Anemia aplastik Multiple myeloma Leukemia Sindrom myelodysplastic Kanker Sirosis Hati Penyakit ginjal Limfoma Hodgkin (penyakit Hodgkin) Hypothyroidism (tiroid kurang aktif) Limfoma Non-Hodgkin Keracunan timbal Obat-obatan seperti obat anti-retroviral dan obat kemoterapi.
Bersumber dari: 13 Penyebab Hb Rendah yang Bikin Darah Rendah | Mediskus
10. Thalassemia

Kadar Hb rendah biasanya diketahui setelah anda melakukan pemeriksaan darah lengkap,namun begitu datanglah untuk memeriksakan diri ke dokter tentang kondisi anda terutama apabila anda mengalami gejala-gejala berikut :

1. Kulit ,kuku dan gusi pucat
2. Sesak Nafas
3. Mudah lelah
4.Detak jantung yang cepat
5.kekurangan energi

Untuk mengatasi gangguan tersebut, diperlukan cara untuk dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah pasien. Berikut langkah-langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan  kadar hemoglobin dalam darah :

1. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12, asam folat, vitamin C, dan zat besi seperti bayam, tomat, brokoli, kacang-kacangan, asparagus, jagung, jeruk, anggur, pisang, jambu biji, pepaya, mangga, dan lain sebagainya.
2. Hindari mengkonsumsi makanan yang dapat yang dapat mempengaruhi penyerapan zat besi dalam tubuh yaitu makanan kaya serat dan kalsium seperti susu, coklat, minuman yang mengandung bahaya kafein, dan sebagainya.
3. Menghindari konsumsi obat-obatan yang mengandung antasida maupun fosfat
4. Beristirahat yang cukup.
5. Melakukan Olah raga ringan secara teratur


Laboratorium Global (GOLAB) Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin   
#Klinikglobal      
#klinikglobalbanjarmasin    
  #klinikbpjs   
 #faskesbpjs     
 #klinikkemoterapikalimantan
Kadar Hb rendah umumnya terlihat pada tes darah rutin. Untuk pria, Hb rendah apabila kadarnya di bawah 13,5 gm / dL, dan untuk wanita di bawah 12 gm / dl. Bisa saja, hasil tes darah menunjukkan penurunan kadar Hb yang ringan dan mungkin tidak signifikan secara klinis dan tidak menyebabkan gejala apapun. Namun, jika penurunan kadar hemoglobin cukup besar dan telah menyebabkan gejala sakit, maka kita harus mencurigai adanya penyakit yang menjadi penyebab Hb Rendah. jumlah hemoglobin yang rendah dikenal sebagai anemia.
Bersumber dari: 13 Penyebab Hb Rendah yang Bikin Darah Rendah | Mediskus

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB