Wednesday, 26 October 2016

Ginjal terletak di bagian bawah tulang rusuk di kedua sisi tulang belakang. Mereka melakukan beberapa fungsi, yang paling penting dari yang menyaring produk limbah, kelebihan air, dan kotoran lainnya dari darah. produk-produk limbah disimpan dalam kandung kemih dan kemudian dikeluarkan dari tubuh sebagai urin.

Selain itu, ginjal mengatur pH, garam, dan kadar kalium dalam tubuh, dan mereka memproduksi hormon yang mengatur tekanan darah dan mengontrol produksi sel darah merah. Ginjal juga bertanggung jawab untuk mengaktifkan suatu bentuk vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium untuk membangun tulang dan memodulasi fungsi otot.

Jenis Penyakit Ginjal

1.Penyakit ginjal kronisBentuk yang paling umum dari penyakit ginjal adalah penyakit ginjal kronis, disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Karena ginjal terus memproses pasokan darah tubuh, mereka terkena sekitar 20 persen dari volume darah total tubuh setiap menit.Tekanan darah tinggi berbahaya untuk ginjal karena dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada glomeruli, yang merupakan unit fungsional dari ginjal. Dalam waktu, tekanan tinggi ini kompromi aparat penyaringan ginjal, dan fungsi ginjal mulai menurun.Akhirnya, fungsi ginjal akan memburuk ke titik di mana ginjal tidak dapat lagi benar melakukan tugasnya, dan seseorang akan diminta untuk pergi pada dialisis. Dialisis menyaring cairan dan limbah dari darah, tetapi bukan solusi jangka panjang bila ginjal berhenti berfungsi. Akhirnya, transplantasi ginjal dapat menjadi langkah berikutnya yang tepat, tetapi setiap keadaan akan berbeda.Diabetes juga merupakan penyebab utama penyakit ginjal kronis. Seiring waktu, gula darah yang tidak terkontrol akan merusak unit fungsional ginjal, menyebabkan gagal ginjal.  

2.Batu ginjalSatu masalah ginjal umum lainnya adalah batu ginjal. Mineral dan zat lain dalam darah mengkristal di ginjal, membentuk partikel padat (batu) yang biasanya melewati keluar dari tubuh bersama urin. Melewati batu ginjal bisa sangat menyakitkan, tetapi jarang menyebabkan masalah yang signifikan.

3.GlomerulonefritisGlomerulonefritis merupakan peradangan pada glomeruli, struktur mikroskopis di dalam ginjal yang melakukan penyaringan sebenarnya darah. Glomerulonefritis dapat disebabkan oleh infeksi, obat-obatan, kelainan bawaan, dan penyakit autoimun. Kondisi ini sering mendapat yang lebih baik sendiri atau responsif terhadap obat imunosupresif.

4.Penyakit Ginjal polikistikPenyakit ginjal polikistik adalah kelainan genetik yang menyebabkan banyak kantung kista-putaran cairan-tumbuh di dalam dan di permukaan ginjal. Kista ini dapat mengganggu fungsi ginjal. (Kista ginjal Individu yang cukup umum dan hampir selalu tidak berbahaya, penyakit ginjal polikistik adalah, kondisi yang lebih serius yang terpisah.)

5.Infeksi Saluran KemihInfeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi bakteri dari salah satu komponen dari sistem urin. Infeksi pada kandung kemih dan uretra yang paling umum. Mereka mudah diobati dan menyebabkan beberapa efek jangka panjang. Namun, jika tidak diobati, infeksi ini bisa menyebar ke ginjal dan menyebabkan gagal ginjal. Sebuah infeksi ginjal juga dikenal sebagai pyelonephritis.

Pemeriksaan Untuk Ginjal

1.Tes tekanan darah dengan alat tensimeter.
2.Tes urin,sebab adanya sejumlah kecil protein dalam air kencing merupakan tanda dini dari GGK.
3.Tes kreatinin dalam darah  
4.Tes laju filtrasi glomerular (suatu daya saring ginjal).
   
Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan  

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB