Tuesday, 4 October 2016



Keinginan untuk buang air kecil bisa muncul kapan saja dan terkadang diabaikan oleh sebagian orang saat berada di kondisi tertentu yang tak memungkinkan untuk ke toilet untuk kencing. Sehingga terpaksa kita untuk menahan kencing tersebut untuk beberapa saat. Tahukah anda bahayanya menahan kencing terlalu sering dan lama dapat berdampak pada kesehatan?
 
Proses buang air kecil menandakan bahwa sistem pencernaan yang ada didalam tubuh bekerja dengan baik dan normal, semua kotoran dan sisa-sisa pencernaan yang sudah selesai disaring dan dibersihkan oleh tubuh dan akan keluar melaului urin. Sehingga sisa-sisa pencernaan yang tilah kita cerna jika tidak lekas dibuang akan menimbulkan banyak masalah bagi kesehatan, apa saja bahayanya? Mari kita lihat satu – per satu.

1. Menahan buang air kecil berarti menahan pembuangan kotoran dalam tubuh
Bahaya menahan buang air kecil terlalu lama yang pertama adalah membiarkan kotoran berada di dalam tubuh lebih lama. Apabila anda menahan untuk membuang air kecil, artinya anda menunda dan menumpuk kotoran – kotoran sisa pencernaan di dalam tubuh anda. Hal ini berarti tubuh anda harus menyimpan kotoran lebih lama. Kotoran – kotoran tersebut mengandung banyak zat – zat yang berbahay bagi tubuh, yang amana akan menimbulkan infeksi apabila terlalu lama disimpan atau ditahan di dalam tubuh.

2. Dapat mengganggu proses pencernaan
Dengan menahan buang air kecil, maka secara langsung anda akan mengganggu dan merusak proses pencernaan yang terjadi di dalam diri anda. ketika proses pencernaan harusnya sudah selesai, namun tidak ditntaskan, maka hal tersebut dapat mengganggu proses pencernaan berikutnya. Proses pencernaan berikutnya bisa mengalami proses yang cukup maksimal dan tertunda karena anda belum membuang sisa hasil pencernaan sebelumnya.

3. Dapat mengganggu organ – organ pencernaan
Dengan terganggunya proses pencernaan, maka organ – organ yang bertugas untuk melancarkan proses pencernaan pun akan terganggu. Beberapa organ seperti ginjal, kandung kemih dan saluran kencing akan sangat terganggu fungsinya.

4. Akan menimbulkan penyakit – penyakit dan infeksi pada organ pecernaan
Dengan menahan buang air kecil, maka anda akan ‘memperlancar’ tubuh anda untuk mengalami penyakit – penyakit yang berhubungan dengan organ pencernaan. Berikut ini beberapa penyakit organ pencernaan yang dapat terjadi ketika anda menahan untuk membuang air kecil :
  • Infeksi Pada Ginjal
  • Gagal Ginjal. 
  • Batu Ginjal.
  • Infeksi Kandung Kemih. 
  • Infeksi Saluran Kencing

5. Anyang-anyangan
Anyang – anyangan merupakan istilah yang dikenal untuk mendefinisikan kondisi sakit dan nyeri yang terjadi ketika sedang melakukan buang air kecil. Anyang – anyangan dipastikan merupakan akibat dari kebiasaan dalam menahan buang air kecil, dan merupakan tanda – tanda dari munculnya infeksi saluran kandung kemih.

Bagaimanakah mengatasi hal tersebut?
Mencegah dan menghindari berbagai macam infeksi yang mungkin terjadi jika menahan kencing, ada beberapa saran yang sangat simpel dan mudah untuk dilakukan :
  1. Jangan pernah menahan buang air kecil.
  2. Selalu minum air putih atau air mineral yang cukup.
  3. Makan makanan yang menandung serat tinggi
  4. Selalu lakukan konsultasi ke dokter dan lakukan pemeriksaan laboratorium apabila mengalami gejala – gejala yang dirasa aneh pada bagian perut dan pencernaan.

Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan
 
Sumber : http://halosehat.com

 

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB