Sunday, 30 October 2016




Perut buncit identik dengan orang yang bertubuh gemuk, namun bukan berarti orang yang  perut buncit berbadan kurus terbebas dari risiko penyakit seperti orang obesitas. Perut buncit bisa disebabkan oleh timbunan lemak maupun akibat dari penyakit seperti cacingan, busung lapar, dan lain sebagainya.  Perut yang buncit karena lemak sebaiknya segera ditanggulangi agar tidak menyebabkan masalah kesehatan parah di kemudian hari.  Walau bagaimana pun juga yang namanya kelebihan lemak pada bagian tubuh mana pun tidaklah baik bagi kesehatan maupun bagi penampilan seseorang.

Lemak pada perut orang buncit bisa disebabkan oleh timbunan lemak visceral atau lemak intra-abdominal.  Lemak ini begitu erat hubungannya dengan tinggi kolesterol, tinggi trigliserida, tinggi insulin, hipertensi (tekanan darah tinggi), dan lain sebagainya.  Yang jelas rata-rata sesuatu hal yang tidak baik untuk kesehatan manusia.

1. Tinggi Kolestrol

Ketika kolesterol berlebihan mengendap pada dinding arteri, maka aliran darah di jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya bisa terhambat. Dengan kata lain, kolesterol tinggi meningkatkan risiko seseorang terkena penyempitan arteri atau aterosklerosis, penggumpalan darah di bagian-bagian tubuh tertentu, stroke ringan, stroke, dan serangan jantung.

2. Tinggi Trigliserida 

Trigliserida sangat penting bagi manusia karena tubuh memanfaatkan lemak ini sebagai energi. Trigliserida dihasilkan tubuh dari sumber energi lainnya, yaitu karbohidrat dan dari pencernaan lemak yang terdapat dalam makanan. Tapi kadar trigliserida yang tinggi akan meningkatkan risiko Anda terserang penyakit seperti angina atau angin duduk, serangan jantung dan stroke.

3. Hipertensi

Lemak visceral terletak jauh di dalam rongga perut di antara beberapa organ tubuh yang penting seperti jantung. Ketika lemak ini mempengaruhi aliran darah, maka jantung akan bekerja begitu keras untuk memompa darah agar mengalir ke seluruh tubuh. Dan saat proses ini berjalan terus-menerus, maka tekanan darah akan terbiasa menjadi tinggi atau hipertensi.

Setelah mengetahui bahaya nya , ada baiknya anda melakukan perbaikan pola hidup hidup sehat seperti merubah pola makan , lebih rutin berolah raga dan jangan lupa selalu mengontrol kadar lemak tubuh anda dengan melakukan pemeriksaan laboratorium seperti pemeriksaan Kolestrol, HDL (Lemak baik), LDL (Lemak jahat), dan Trigliserida.


Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan  

Source : Alodokter 

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB