Tuesday, 11 October 2016

Image result for cegah penyakit tidak menular 
 
Dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan, Jumat (11/3), Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes RI, dr. Lily Sriwahyuni Sulistyowati, MM, mengatakan, kerusakan jaringan ginjal yang berfungsi untuk menyaring darah atau dikenal juga dengan istilah Nefropati, merupakan penyakit tidak menular yang sebenarnya dapat dicegah. Penyakit ginjal dijuluki sebagai silent disease karena seringkali tidak menunjukkan tanda-tanda peringatan dan jika tidak terdeteksi, sehingga akan memperburuk kondisi penderita dari waktu ke waktu.

Untuk itu, guna mencegah berbagai risiko penyakit tidak menular, khususnya pencegahan gagal ginjal kronis itu, Kemenkes mengajak masyarakat untuk CERDIK. CERDIK merupakan kepanjangan dari: Cek kesehatan secara berkala; Enyahkan asap rokok; Rajin beraktifitas fisik; Diet yang baik dan seimbang; Istirahat yang cukup; dan Kelola stress.  

1. Cek kesehatan Secara Berkala (Medical check-up)

Medical check-up diperlukan oleh perempuan dan laki-laki, baik anak muda maupun orang lanjut usia. Orang yang terlihat sehat pun perlu melakukan medical check-up, terutama untuk memeriksa tingkat kesehatan serta kemungkinan adanya penyakit serius yang belum menunjukkan gejala. Medical check-up merupakan langkah antisipasi yang efektif dalam mendeteksi risiko keberadaan penyakit di dalam tubuh. Lakukanlah secara rutin untuk mencegah perkembangan tingkat penyakit yang lebih parah di masa depan.

2. Enyahkan Asap Rokok

Mungkin Anda sudah terbiasa mendengar bahaya merokok terhadap tubuh, namun Anda tetap tidak menghentikan kebiasaan mengisap rokok karena merasa saat ini kesehatan Anda masih baik-baik saja.
Perlu diingat, merokok sama saja seperti menabung racun pada tubuh yang sedikit demi sedikit bisa menumpuk jika dilakukan terus-menerus. Dengan begitu, risiko menderita penyakit pun akan lebih tinggi pada masa tua. Tidak hanya Anda, orang-orang terdekat pun akan merasakan efeknya karena menghirup asap rokok yang beracun.

3. Rajin beraktifitas fisik 

Rajin berkatifitas fisik seperti Jalan kaki di pagi hari adalah cara sederhana untuk membuat tubuh tetap bugar.Kesegaran yang didapatkan di pagi hari mulai dari udara dan lingkungan akan berdampak terhadap tubuh.Kondisi ini membuat tubuh siap melakukan berbagai aktivitas selama seharian. 

4. Diet yang baik dan seimbang

Pola makan sehat dan diet yang seimbang adalah salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan, dan akan membuat Anda merasa fit dan bugar.  Program diet yang paling mungkin Anda lakukan, yang cocok untuk tubuh Anda dan tidak terlalu mengganggu aktivitas keseharian. Ada banyak sekali metode-metode diet sehat yang bisa Anda gunakan, sebut saja seperti diet mayo, OCD, program diet konvensional, dan sebagainya.

5. Istirahat yang cukup
 
Istirahat merupakan cara memulihkan kondisi tubuh setelah melakukan aktivitas. Selain itu, istirahat juga dapat mengurangi ketegangan otot-otot dan meringankan ketegangan pikiran.

Setiap orang dapat melakukan istirahat menurut kebutuhannya masing-masing. Namun, istirahat yang paling baik dan sangat dianjurkan adalah tidur. Tidur merupakan cara terbaik melakukan istirahat. Tidur pada malam hari secukupnya minimal selama 6 jam. Tubuh yang mendapat istirahat yang baik akan mengembalikan kebugaran.

6. Kelola Stres

Stress merupakan hal yang wajar dialami oleh seseorang ketika dirinya terlalu memikirkan sesuatu. Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya stress bisa dikelola dan dikurangi dengan keterampilan dan perilaku Anda. Untuk mengurangi stress, Anda harus mendapatkan waktu tidur yang baik dan berkualitas. Waktu tidur yang baik bagi orang dewasa yaitu sekitar 7-8 jam dalam sehari.
selain itu Anda perlu melatih kesabaran dan menghindari amarah untuk mengurangi stress yang Anda alami. Kemampuan mengelola emosi sangat berguna untuk menekan level stres Anda, dan menjadi proses pembelajaran kedewasaan diri.


Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB