Monday, 12 September 2016


Pernahkah anda mengalami buang air besar berdarah ? jika iya sebaiknya jangan anggap remeh kejadian terebut karena bisa saja itu merupakan gejala suatu penyakit. Ada dua hal yang bisa menjadi indikator sebagai penyakit tertentu, yaitu dimana darah itu ditemukan. Apakah darah tersebut memang ada pada feces termasuk di dalamnya? Atau darah itu baru ditemukan pada kloset setelah buang air besar? kondisi ini bisa menjadi salah satu analisa tentang penyakit atau kelainan tertentu yang di derita.

Darah yang ditemukan baik dalam feses atau bekas dari feses tersebut memang bisa menjadi petunjuk penting untuk analisa penyakit tertentu. Jika darah yang ditemukan pada feces disertai dengan beberapa gejala maka bisa merujuk pada jenis penyakit. 
Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit dan gejala yang sering ditandai dengan darah pada feces.

1. Fisura ani
Fisura ani adalah sebuah mata atau luka kecil yang terjadi pada jaringan tipis yang terdapat pada anus. Kondisi ini bisa disebabkan karena tinja yang keluar terlalu besar dan keras sehingga menyebabkan luka yang tidak bisa dicegah. Fisura ani sering menyebabkan penderitanya mengalami pendarahan dan rasa nyeri yang luar biasa saat buang air besar. Beberapa penderita juga bisa menderita kejang otot di bagian anus sehingga rasa nyeri bisa timbul kapan saja. 

2. Kanker Usus
Kanker usus adalah jenis kanker yang muncul pada bagian saluran usus akhir pencernaan. Biasanya kanker muncul dari pertumbuhan jaringan kecil seperti polip, namun gejala yang tidak terjadi sering menyebabkan penderita tidak menyadarinya. Jaringan kecil ini akan bertambah menjadi besar dan ganas serta menjadi sel kanker. Deteksi kesehatan usus menjadi solusi agar tidak terkena kanker usus.

3.Penyakit Maag
Maag kronis dapat menyebabkan pendarahan baik di lambung maupun usus dua belas jari (duodenum), yang kemudian dapat menyebabkan buang air besar jadi berdarah. Jika ini adalah penyebabnya, maka warna darah di tinja akan berupa merah gelap atau merah kehitaman. Tinja berdarah juga salah satu tanda dari gastritis atau peradangan di lapisan lambung. 

4. Wasir
Wasir adalah salah satu jenis penyakit yang dilihat dengan adanya pembengkakan pada bagian pembuluh darah dan peradangan pada bagian anus. Wasir bisa terbentuk dari kebiasaan mengejan saat buang air besar sehingga menyebabkan tekanan kuat pada bagian pembuluh darah. Wasir bisa muncul pada bagian anus dalam dan dibawah anus (luar anus)

5. Iskemia Usus

Penyakit iskemis usus adalah sebuah kondisi yang terjadi ketika usus tidak mendapatkan jumlah aliran darah yang cukup karena terjadi penyumbatan pada bagian arteri. Penyakit ini dapat mempengaruhi fungsi usus kecil dan usus besar. Penyakit ini bisa menjadi sangat serius jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Bahkan perawatan yang terlambat bisa menyebabkan usus tidak mendapatkan suplai darah dan bisa menyebabkan kematian mendadak.

Ada banyak penyakit yang bisa ditandai dengan munculnya darah saat buang air besar. Maka dari itu ketika anda mengalami BAB berdarah langsung berkonsultasi dengan ahli medis sangat diperlukan agar mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan 


0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB