Friday, 9 September 2016

Image result for kolesterol terlalu rendahKolesterol seringkali dianggap sebagai biang berbagai jenis penyakit, seperti penyakit jantung koroner, stroke, obesitas dan sebagainya. Kita sering menganggap kolesterol sebagai musuh yang berbahaya bagi tubuh. Kolesterol tidak mutlak sebagai musuh bagi tubuh, sebenarnya kolesterol memilki manfaat bagi tubuh kita.  Kolesterol bermanfaat untuk pembentukan selaput sel, beberapa hormon tertentu, dan jaringan yang diperlukan lainnya.
Kadar Kolesterol dalam darah yang normal adalah kurang dari 200 miligram per dL, Kolesterol jahat (LDL) kurang dari 130 mg/dL,Kolesterol  HDL lebih  dari 45 mg/dL, dan trigliserida kurang dari 200 mg/dL. Selama ini kita sering mengkhawatirkan kolesterol yang tinggi,  namun kadar kolesterol HDL  juga berbahaya bagi kesehatan ?

Berikut ini adalah bahaya akibat hdl di dalam tubuh seseorang rendah :
  1. Gangguan psikis. Kolesterol yang terlalu rendah berdampak pada kondisi buruk psikis seseorang.
  2. Kerusakan sistem saraf. Sistem pertahanan tubuh terganggu, dan kerja otak yang tidak optimal merupakan beberapa akibat yang dapat timbul ketika tubuh kekurangan kolesterol.
  3. Vitamin tidak terserap maksimal. Rendahnya kadar kolesterol juga dapat mengakibatkan vitamin yang ada dalam tubuh tidak dapat diserap dengan maksimal.
  4. Parkinson dan juga kanker merupakan beberapa penyakit yang dapat menjangkiti seseorang yang kekurangan kolesterol.
  5. Kekerasan. Bahkan menurut studi oleh California University menyatakan bahwa seseorang yang memiliki kadar kolesterol rendah di dalam tubuhnya cenderung akan melakukan tindakan kekerasan.
  6. Depresi Tidak hanya itu, kolesterol yang terlalu rendah juga bisa membuat orang cenderung melakukan bunuh diri. Hal tersebut didasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh Dr. Mercola, ia menyatakan bahwa seseorang dengan kadar kolesterol yang rendah dalam tubuhnya memiliki kecenderungan untuk bunuh diri hingga enam kali lipat. 
Pencegahan Kekurangan Kolesterol
Meski jarang terjadi, kolesterol rendah bisa terjadi pada beberapa orang dan berakibat fatal bagi kesehatan dan juga psikis seseorang. Kolesterol akan dikatakan terlalu rendah apabila kadarnya kurang dari 160mg/dL. Kadar kolesterol yang dianggap aman adalah kurang dari 200 mg/dL dan lebih dari 160 mg/dL. Untuk itu, melakukan pemeriksaan terhadap kadar kolesterol total dalam tubuh Anda merupakan langkah awal yang paling tepat untuk mengetahui apakah kolesterol Anda terlalu tinggi, terlalu rendah, atau normal. Berikut ini beberapa pencegahan kekurangan kolesterol yang bisa anda lakukan setiap hari :
  • Jika kadar kolesterol dalam tubuh Anda sudah terbilang normal, jangan melakukan diet terlalu ketat. Jangan pula terlalu khawatir dengan kondisi tubuh Anda. Kekhawatiran yang berlebih bisa membuat Anda melakukan diet tidak terkontrol hingga mengakibatkan kadar kolesterol menurun drastis.
  • Jika Anda ingin melakukan diet, lakukanlah dengan tetap menjaga asupan makanan Anda. Perhatikan kandungan nutrisi pada setiap makanan yang Anda konsumsi. Pastikan semua asupan memenuhi semua kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh.
  • Terkadang, orang yang terlalu antipati dengan kolesterol akan menghindari atau bahkan tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol sama sekali. Padahal kadar kolesterol dalam tubuhnya sudah normal. Akibatnya, bukan badan sehat yang diperoleh, namun badan yang rentan terhadap penyakit justru ia dapatkan.
  • Jangan lupa untuk selalu mengontrol kolesterol anda dengan memeriksakan ke laboratorium agar kolesterol anda dapat anda jaga dalam rentang normal.

Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan 

Source :berbagai sumber

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB