Friday, 16 September 2016


Bernafas merupakan hal yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia, Namun apa jadinya jika kita mengalami gangguan dalam bernafas atau sesak nafas? Sesak nafas adalah kondisi atau keadaan seseorang kesulitan untuk bernafas (bernafas adalah mengambil oksigen di alam dan mengeluarkan karbondioksida).

Secara umum sesak nafas bisa terjadi karena banyak hal, mulai dari masalah-masalah sepele sampai masalah gangguan kesehatan yang sangat serius. Sesak nafas bisa terjadi pada orang yang tidak sedang sakit, misalnya pada orang yang mengalami obesitas, orang yang berolahraga secara berlebihan, orang yang berada di tempat yang suhunya ekstrim atau di ketinggian tertentu. Ada mengatakan bahwa sesak nafas sebagai satu gejala dari penyakit jantung. Apalagi akhir-akhir ini dengan seringnya informasi yang memberitakan orang terkena serangan jantung mendadak dengan gejala awal sesak nafas. Padahal berbagai hal bisa menyebabkan sesak nafas, penyakit asma dan Alergi pun bisa menjadi menjadi salah satu penyebab sesak nafas.

Selain itu penyebab lain dari sesak nafas dapat disebabkan oleh beberapa hal dan dapat dikategorikan sebagai berikut :

1. Penyakit dan gangguan kesehatan.
  • Pilek atau Flu
  • Alergi
  • Asma
  • Tuberkulosis
  • Patah tulang rusuk
  • Tekanan darah rendah
  • Sinusitis
  • Kanker paru-paru
  • Pnemunonia
  • Asam Lambung
2. Faktor Lingkungan
Selain dari faktor kesehatan sendiri, faktor dari luar seeperti lingkungan juga dapat menyebabkan sesak nafas.Udara dingin dan lembab bisa menyebabkan sesak nafas. Apalagi pada daerah lingkungan perkotaan yang cenderung berasap dan berdebu, sangat memungkinkan terjadinya sesak nafas.
Zat-zat yang tidak dapat ditoleransi oleh tubuh seperti karbon dioksida, karbon monoksida yang dari warna dan aroma tidak dapat dideteksi, dapat menjadi penyebab sesak nafas tiba-tiba. Banyak kasus yang terungkap dari meninggalnya seseorang dalam mobil karena menghirup udara yang mengandung banyak karbon monoksida. Padahal karbon monoksida mengakibatkan darah tidak bisa mengikat oksigen.

3. Faktor fisik dan Mental
Ketika kondisi mental tidak stabil, sehingga emosi tidak dapat dikendalikan ternyata dapat memicu sesak nafas. Meskipun tidak melakukan aktivitas yang berat, marah dan emosi yang memuncak dapat menguras energi yang cukup besar akibatnya nafas tersengal-sengal. Begitupun bagi orang yang melakukan aktivitas berat seperti berlari atau mengangkat beban yang berat, dapat memicu sesak nafas. Jangan pernah abaikan juga ketika tubuh kurang cairan, segeralah minum. Sebab berkurangnya cairan dalam tubuh dapat meningkatkan kekentalan cairan di paru-paru dan saluran pernafasan, akibatnya nafas pun terganggu karena sesak nafas.

Bagaimana Cara Menanganinya?
Penanganan sesak nafas tidak sama pada tiap individu. Oleh karena itu dibutuhkan diagnosis yang tepat mengenai penyebab sesak nafas. Jika Anda mengalami sesak nafas karena asma atau alergi, maka yang perlu Anda lakukan adalah menghindari unsur-unsur pemicu, seperti debu, asap rokok, polusi udara, bulu hewan peliharaan, atau serbuk sari. Jaga selalu kebersihan rumah Anda agar terbebas dari debu, kutu, atau tungau.

Penderita asma juga ditangani dengan obat-obatan yang dihirup atau diminum. Tujuannya membantu meringankan atau mencegah obstruksi jalan nafas dan produksi lendir yang berlebihan. Jika Anda menjalani pengobatan dengan obat hirup, pastikan pasokannya memadai dan alatnya bekerja dengan baik.

Berhenti merokok juga bisa memperlancar pernafasan Anda. Selain itu, merokok juga bisa memberikan dampak lain, yaitu risiko terkena penyakit jantung, penyakit paru-paru, dan kanker.

Bagi Anda yang mengalami sesak nafas akibat penyakit serius, mungkin harus menjalani perawatan atau mengonsumsi obat-obatan tertentu dari dokter. Konsultasikan kepada dokter mengenai pengobatan apa yang tepat untuk Anda. Jika Anda mengalami sesak nafas diiringi demam tinggi, menggigil, batuk, bengkak di kaki, warna bibir menjadi biru, atau sesak nafas yang kian memburuk, langsung kunjungi dokter secepatnya.

Selain itu anda sebaiknya rutin melakukan cek laboratorium untuk deteksi dini penyakit penyebab sesak nafas atau penyakit serius lainnya sebelum terlambat.


Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan 


Source :sobatinfo.com, alodokter.com
 

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB