Monday, 26 September 2016



Disaat cuaca yang sangat tidak stabil sekarang ini, kita sangat rentan terkena penyakit, diantaranya demam yang berkepanjangan. Hati-hati itu bisa menjadi demam yang tidak biasa atau malah bahkan mengarah ke penyakit tipes.

Sebenarnya apa itu penyakit tipes? Secara umum penyakit tipes atau yang dalam dunia medis lebih dikenal dengan Tifoid Fever merupakan penyakit akut yang berhubungan dengan demam. Tergolong penyakit akut karena tanda-tandanya bisa terjadi hingga 1-3 minggu dan yang lebih memungsingkan lagi gejalanya hampir mirip dengan penyakit demam berdarah. Penyebab penyakit tipes adalah adanya bakteri Salmonella Typhi yang masuk ke dalam tubuh bersama makanan dan air yang telah terkontaminasi atau karena adanya kontak dekat dengan seseorang yang terinfeksi penyakit ini. Bakteri Salmonella Typhi yang masuk kedalam tubuh akan berkembang biak dan mulai mengkontaminasi saluran pencernaan hingga akhirnya ke pembuluh darah yang mengakibatkan penderita penyakit tipes mengalami gejala-gejala klinis. Gejala tersebut bisa diobati dengan menggunakan antibiotik yang membantu tubuh untuk memerangi bakteri jahat sehingga orang yang terkena penyakit tipes menjadi lebih baik, namun adakalanya penderita mengalami komplikasi yang menyebabkan meninggal dunia karena penyakit ini.

Secara umum seseorang bisa diketahui terkena tipes apabila ketika dilakukan pemeriksaan laboratorium ditemukan beberapa hal. Pertama, sel darah putih di dalam tubuh jumlahnya menurun. Hal ini menyebabkan perdarahan yang terjadi pada usus. Selain itu jumlah trombosit akan menurun. Ketika dilakukan pemeriksaan darah, jika seseorang benar terkena tipus maka darah, kotoran serta urinnya biasanya terdapat bakteri Salmonella Typhi.

Ciri-Ciri Gejala Tipes yang Sering Dialami

Selain anda memgetahui faktor penyebab tipes anda sebaiknya juga mengetahui ciri-ciri gejala dari tipes itu sendiri supaya anda dapat melakukan penanganan sedini mungkin agar cepat bisa ditangani.
Berikut ini adalah beberapa tanda tanda gejala tipes yang sering terjadi.
  1. Demam
Gejala tipes ringan diawali dengan demam ringan. Demam ini semakin lama akan semakin meninggi seiring dengan semakin parahnya sakit tipes, bisa mencapai 39 sampai 40 derajat Celcius di malam hari. Demam ini pada saat menjelang pagi hari dan di siang hari panasnya akan menurun dan akan terulang lagi di malam hari. Kondisi naik turunnya suhu tubuh ini biasanya akan terjadi selama kurang lebih 3 minggu pertama ketika seseorang mengalami tipes.
  1. Tidak Nafsu Makan
Penderita tipes biasanya cenderung akan kehilangan berat badannya karena biasanya seseorang akan kehilangan nafsu makannya saat terjangkit tipes. Akibatnya berat badan menurun dan kondisi tubuh pun semakin lemas. Hal inilah yang harus diwaspadai supaya tidak terjadi kepada Anda.
  1. Bibir Pecah-Pecah
Ciri-ciri gejala tipes yang selanjutnya adalah kondisi bibir pecah-pecah dan cenderung sangat kering. Bahkan bukan hanya itu, karena biasanya seseorang yang terjangkit penyakit tipes ini juga akan mengalami peradangan di dalam tenggorokannya. Mulut pun akan mengeluarkan bau yang kurang sedap.
  1. Lidah Berwarna Putih
Rasa pahit di lidah ketika makan atau minum mungkin menjadi gejala yang sudah biasa dialami oleh kebanyakan orang ketika sedang sakit. Akan tetapi bagi para penderita tipes, biasanya gejala ini diikuti dengan bagian tengah lidah yang berwarna putih. Sedangkan jika Anda perhatikan pada bagian tepi lidah Anda, warnanya akan tetap merah.
  1. Otot Nyeri
Gejala tipes lainnya yang biasa terjadi pada penderita tipes adalah otot-otot tubuh yang terasa nyeri. Bahkan bukan hanya itu, ketika mengalami tipes kepala Anda juga akan terasa pusing dan terasa berat. Jika sudah demikian, segera lakukan pemeriksaan darah untuk memastikan apakah gejala yang Anda alami benar-benar gejala tipes atau bukan.
  1. Diare atau Sulit BAB
Pada beberapa kasus, biasanya orang yang terjangkit tipes akan mengalami diare. Akan tetapi tak jarang justru ada juga orang yang mengalami kondisi sulit buang air besar. Bagian perut pun akan terasa sakit yang diakibatkan oleh limfa dan hati yang bengkak. Maka dari itu tak heran jika biasanya penderita tipes akan merasa mual dan sering muntah. Ciri-ciri gejala tipes juga bisa Anda lihat jika muncul bercak merah kecil pada bagian perut dan juga dada.



Jika anda mengalami ciri-ciri dari gejala penyakit diatas, alangkah baiknya anda sesegera mungkin ke dokter untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan laboratorium untuk tes penyakit tipes.


Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan

Sumber : dedaunan.com

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB