Tuesday, 20 September 2016

Sel darah merah mengandung hemoglobin yang bertanggung jawab mengangkut oksigen dari paru-paru ke bagian tubuh lain. Kurangnya sel darah merah dalam tubuh otomatis akan mengurangi jumlah hemoglobin yang berarti jaringan tubuh tidak akan mendapat cukup pasokan oksigen. Agar produksi sel darah merah dan hemoglobin tetap lancar, sumsum tulang harus sehat yang disertai dengan asupan makanan yang cukup zat besi dan vitamin.

Kurangnya zat besi dianggap sebagai penyebab paling umum anemia. Berikut ini adalah beberapa alasan yang dapat menyebabkan kekurangan zat besi.
Zat besi adalah salah satu unsur yang paling penting dari hemoglobin dalan darah. Hemoglobin dan zat besi berperan untuk melakukan transportasi oksigen dan karbondioksida ke berbagai bagian tubuh. Karena fungsinya yang begitu penting bagi tubuh maka sudah seharusnya kita menjaga kadar zat besi dalam tubuh kita. Jika tubuh kekurangan zat besi akan menimbulkan efek yang tentunya akan berakibat pada kesehatan anda.

Kekurangan Zat 
Kekurangan zat besi ini umumnya bisa dilihat dari tanda- tanda secara fisik manusia. Efek yang nyata dan mudah ditebak dari penderita zat besi ini adalah anemia. Anemia ini mewakili kondisi tubuh lainnya, karena tanda- tandanya yang lain mungkin saja bisa sulit terlihat. Berikut efek negatif dari kekurangan zat besi
  • Menghambat fungsi motorik normal pada bayi. Kekurangan zat besi akan menghambat fungsi motorik normal pada bayi yang meliputi aktifitas dan juga gerak tubuh, serta kecerdasan bayi.
  • Meningkatkan resiko bayi lahir prematur dengan berat badan yang lebih rendah. Anemia karena kurangnya zat besi atau disebut dengan Iron deficiency anemia bagi ibu yang hamil akan meningkatkan resiko bayinya lahir dengan prematur dan juga berat badan yang dimiliki bayi rendah.
  • Menurunkan tenaga dan produktifitas kerja. Kekurangan zat besi yang menjangkit orang dewasa ini akan membuat cepat lelah, sehingga tenaga dan produktifitasnya akan menurun, mudah mengantuk, detak jantung cepat dan sesak nafas.
  • Menurunkan daya ingat, fungsi mental, dan kecerdasan. Kekurangan zat besi ini juga mempengaruhi kondisi otak, yakni menurunkan daya ingatnya, fungsi mental, dan juga mengurangi tingkat kecerdasan otak.

Lalu bagaimana dengan kelebihan zat besi? Apakah itu baik atau buruk?
Kelebihan Zat Besi
Kekurangan zat besi mempunyai dampak negatif. Lalu bagaimanakah dengan kelebihan zat besi? Dimanapun, yang namanya suatu barang atau apapun jika jumlahnya melebihi batas normal akan bisa menimbulkan efek yang negatif. Begitu pula dengan zat besi. Meskipun bermanfaat bagi tubuh, namun jika jumlahnya terlalu banyak, hal itu akan menyebabkan penyakit. Kelebihan zat besi ini mempunyai dampak yang negatif.
  • Terjadinya kerusakan saraf dan menyebabkan penyakit jangtung. Ketika kita mengonsumsi makanan atau minuman atau bahkan supemen/ obat yang mana akan menambah zat besi kita hingga melebihi batas normal, maka akan menyebabkan gangguan kesehatan yang disebut dengan hemochromatosis. Jumlah zat besi yang berlebihan ini akan disimpan dalam pankreas maupun hati akan menyebabkan terjadinya penyakit jantung dan gangguan kesehatan sistem saraf otak, seperti penyebab alzheimer dan juga Parkinson.
  • Gangguan sumbu hepsidin- ferroportin. Gangguan yang seperti ini merupakan bentuk untama atau pokok dari kelebihan zat besi.
  • Gangguan menstruasi atau pematangan eritoid
Tentunya kita tidak menginginkan kekurangan atau pun kelebihan zat besi dalam tubuh kita, maka dari itu selalu kontrol pola makan anda jika anda mengalami kekurangan zat besi sebaiknya konsumsi makanan yang tinggi zat besi dan jangan lupa untuk selalu mengecek kesehatan anda di laboratorium klinik kesehatan.
 
Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin  
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs  
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB