Thursday, 22 September 2016

Image result for kesemutan 
Beberapa dari anda mungkin pernahh mengalami kesemutan, kesemutan cenderung disepelekan oleh sebagian orang padahal kesemutan bisa jadi tanda awal dari suatu penyakit. Selain itu, kesemutan juga bisa menjadi salah satu tanda adanya gangguan saraf dan gejala penyakit serius. Pada kesempatan kali ini, akan dibahas tentang hal-hal yang terkait dengan kesemutan, termasuk beberapa kiat untuk mencegah kesemutan.

Meskipun kejadian kesemutan sering tidak kita anggap serius, namun kita harus waspada jika ada tanda-tanda sebagai berikut :
  • kesemutan yang tidak hilang setelah bagian tubuh digerak-gerakkan.
  • bila pada awalnya hanya terasa di dua jari kemudian menjalar ke semua jari, lalu merambat ke tangan.
  • bila semula hanya dialami sebagian kecil organ tubuh namun kemudian merambat ke bagian tubuh yang lebih luas.
  • bila semula hanya terjadi sekali-sekali kemudian menjadi semakin sering.
  • bila kesemutan menjadi rasa kebal (mati rasa).
 Kita perlu mengetahui beberapa penyakit serius yang ditandai dengan gejala kesemutan, antara lain:

1. Diabetes mellitus (kencing manis)
Pada penderita kencing manis, kesemutan adalah gejala kerusakan pembuluh-pembuluh darah. Akibatnya, darah yang mengalir di ujung-ujung saraf berkurang. Gejala yang dirasakan biasanya telapak kaki terasa tebal, kadang-kadang panas, dan kesemutan di ujung jari terus-menerus. Kemudian disertai rasa nyeri yang menikam, seperti ditusuk-tusuk di ujung telapak kaki, terutama pada malam hari.

2.Stroke
Kesemutan dapat jadi tanda stroke ringan. Biasanya disebabkan sumbatan pada pembuluh darah di otak, yang mengakibatkan kerusakan saraf setempat. Gejala lain yang muncul: rasa kebas separuh badan, lumpuh separuh badan, buta sebelah mata, sukar bicara, pusing, penglihatan ganda dan kabur.
Gejala berlangsung beberapa menit atau kurang dari 24 jam. Biasanya terjadi waktu tidur atau baru bangun. Kondisi ini harus ditangani karena bisa berkembang menjadi stroke berat.

3. Jantung.
Pada penderita sakit jantung, kesemutan dapat juga timbul karena komplikasi jantung dan sarafnya.

4. Rematik. Penyakit yang satu ini juga bisa menimbulkan kesemutan atau rasa tebal. Gejala kesemutan karena rematik akan hilang bila rematik sembuh.

5. Carpal Tunnel Syndrome (CTS). Gejalanya berupa kesemutan yang menyerang ujung jari (biasanya tangan kanan) dan kemudian berkembang menjadi rasa tebal saat digunakan beraktivitas. Gejala kesemutan ini berkaitan dengan rongga di pergelangan tangan (karpal) yang mengalami pembesaran otot-otot sehingga menekan saraf yang melewati terowongan tersebut. CTS bisa menjadi gangguan lebih serius bila dibiarkan cukup lama, misalnya 1 sampai 2 tahun. Pada tahap ini tekanan otot sudah mengganggu aliran darah ke tangan, dan mengakibatkan otot-otot yang mengalami kekurangan nutrisi akan mengecil, dan akibatnya bisa melemahkan otot.

6.Kurang vitamin pada anak
Anak-anakpun bisa diserang masalah kesemutan ini. Tetapi apabila satu kali anak mengeluh kesemutan pada jari-jari serta selalu merambat ke atas, kemungkinan besar itu cuma disebabkan kekurangan vitamin.
 

 
KIAT MENGATASI KESEMUTAN  
      
Untuk mengatasi kesemutan, caranya cukup mudah, yaitu dengan memperbaiki aliran darah di bagian tubuh yang kesemutan. Caranya, secara perlahan digerak-gerakkan saja bagian yang kesemutan tadi hingga hilang. Bisa juga dengan memijat atau melepaskan bendungan yang jadi penghambat aliran darah. Untuk mencegah kesemutan ada baiknya kita berolah raga secara teratur, menjaga sikap tubuh yang baik, mempertahankan pola makan sehat dan selalu mengontrol kesehatan anda dengan rutin melakukan pemeriksaan secara berkala agar ketika gejala muncul kita dapat mengetahui penyakit sehingga mendapatkan pengobatan yang tepat.

Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB