Friday, 16 September 2016

Image result for makanan panggang



Di Indonesia sate , steak atau makanan yang dibakar sangat digemari oleh masyarakat, Tak bisa dipungkiri makanan yang dibakar memang sangat lezat, namun pada setiap makanan  pasti akan mendapati ada sebagian sisi dari makanan itu yang menghitam karena terlalu lama kena api. Menu ini yang sebaiknya Anda kurangi porsinya. Karena, Seperti yang kita tahu, makanan bakar dapat mengandung zat karsinogen penyebab kanker. 

Sebuah kajian menemukan bahwa, dua jenis senyawa penyebab kanker dapat terbentuk selama pemanggangan, yaitu hidrokarbon polisiklik aromatic (PAH) dan amina heterosiklik (HCA). PAH terbentuk di dalam asap dan ditemukan di permukaan daging dan sulit dihilangkan, biasanya harus menggunakan pengerikan dan inilah yang sering kita lihat. Sedangkan HCA disebabkan oleh dimasaknya daging di bawah suhu tinggi dan HCA ditemukan di dalam daging. Selain itu, HCA juga dapat terbentuk akibat penggorengan atau oven, dan pemanggang.

Bagi kita penikmat makanan yang dibakar atau dipanggang tak perlu khawatir, karena kita dapat menyiasati cara memasak untuk meminimalkan risiko kanker.

1. Rendam terlebih dulu bahan dalam cairan perendam.
2. Memasak (merebus) sebelum dipanggang. Ini akan mengurangi kontak dengan panas tinggi dan dapat menghilangkan lemak. Sehingga, lebih sedikit lemak yang menetes saat dipanggang yang akan membentuk asap.
3. Sering membolak-balik makanan yang dipanggang.
4. Memasak dengan suhu rendah.
5. Jangan memasak langsung di atas arang.
6. Batasi penggunaan penutup panggangan untuk mengurangi pemasakan di dalam asap.
7. Hilangkan bagian yang hitam di permukaan daging sebelum dikonsumsi.

Oleh karena itu, kita harus pandai-pandai dalam memilih dan mengolah makanan yang akan dikonsumsi sebaiknya tidak membakar daging olahan seperti sosis, bakso, atau ham. Daging olahan yang dibakar itu bisa meningkatkan risiko kanker dan juga agar kesehatan anda selalu terkontrol jangan lupa untuk rutin melakukan check up darah secara berkala, karena mencegah itu lebih baik dari pada mengobati.

Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan 

Source :berbagai sumber

3 komentar:

obat sakit tenggorokan said...

Mulai sekarang pokoknya jangan makan yg aneh2 dah...bahaya, thanks infonya

LABORATORIUM GLOBAL FARMA said...

Sama-sama , Semoga bermanfaat

Anak Cacingan said...

Obat Cacingan Pada Anak

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB