Friday, 30 September 2016


Saat ini banyak yang mengetahui bahwa penyakit gula darah memang berbahaya namun lebih ditekankan pada kondisi penyakit gula darah tinggi. Namun Tahukah anda jika gula darah yang rendah juga berbahaya bagi tubuh ? Dalam keadaan normal seharusnya di dalam tubuh terdapat gula darah pada kisaran 70 hingga 110 mg / dl. Pada penderita kurang gula darah atau yang juga disebut sebagai penyakit hipoglikemia kadar gula dala darahnya lebih rendah dari batas normal. Adanya kekurangan gula darah ini bisa mengakibatkan organ tubuh mengalami kelainan fungsi sehingga bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit yang cukup serius hingga bisa mengakibatkan kematian.

Berikut ini adalah beberapa tanda gula darah rendah atau hipoglikemia :
1. Lelah
2. Pusing
3. Pucat
4. Bibir kesemutan
5. Gemetar
6. Berkeringat
7. Merasa lapar
8. Jantung berdebar-debar
9. Sulit berkonsentrasi
10. Mudah marah

Penyebab hipoglikemia

Berikut ini beberapa penyebab hipoglikemia yang biasanya terjadi pada penderita diabetes.
  • Penggunaan suntikan insulin pada kasus diabetes tipe 1 yang melebihi dosis, atau terlalu banyak menggunakan obat-obatan oral pada kasus diabetes tipe 2 yang juga dapat memicu pelepasan insulin berlebihan. Salah satu obat tersebut adalah sulphonylurea.
  • Menggunakan insulin dengan dosis normal, namun tubuh kekurangan asupan karbohidrat. Masalah ini bisa terjadi karena penderita terlalu banyak melakukan aktivitas fisik, tidak cukup mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, lupa makan, atau menunda makan.
  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman keras atau alkohol dalam keadaan perut kosong.
Sedangkan beberapa penyebab hipoglikemia pada orang-orang non-diabetes di antaranya adalah:
  • Produksi insulin yang terlalu banyak oleh pankreas. Hal ini bisa disebabkan oleh obesitas, mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak, tumor pada pankreas, atau efek samping dari operasi bypass lambung.
  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman keras.
  • Menderita penyakit yang menyerang kelenjar tiroid, kelenjar adrenal, ginjal, atau hati.
  • Kekurangan nutrisi.
  • Efek samping dari obat-obatan, seperti propanolol untuk hipertensi, asam salisilat untuk rematik, dan kina untuk malaria.
Pencegahan 
Berikut ini beberapa tips untuk mencegah munculnya  hipoglikemia:
  • Makan sesuai dengan aktivitas yang kita lakukan.  Hal ini penting untuk menjaga ketersediaan gula yang dibutuhkan oleh tubuh. Terlebih lagi untuk penderita diabetes yang akan melakukan olahraga, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat cukup dan menyesuaikan dosis insulin yang Anda pakai sesuai dengan anjuran dokter. Bagi mereka yang kerap mengalami gejala hipoglikemia di malam hari juga dianjurkan untuk mengonsumsi camilan yang mengandung karbohidrat sebelum tidur, seperti susu atau biskuit. Selain itu, simpan makanan bergula di dekat tempat tidur sebagai antisipasi jika gejala hypoglikemia mengganggu tidur Anda.
  • Batasi konsumsi minuman keras atau hindari sama sekali jika bisa.
  • Pantau kadar gula Anda secara berkala. Hal ini penting untuk dilakukan tiap hari untuk memastikan kadar gula darah berada dalam kisaran normal. Jika Anda sering mengalami hipoglikemia pada malam hari, cek kadar gula darah pada pukul 3.00 atau 4.00, yaitu ketika hipoglikemia sering dirasakan oleh para penderita diabetes.
  • Kenali gejala-gejala hipoglikemia yang muncul. Pengetahuan kita mengenai hal ini dapat membantu menangani hipoglikemia secara cepat.
  • Selalu siapkan makanan atau obat-obatan pereda gejala di mana pun Anda berada. Salah satu obat yang mungkin akan diajarkan penggunaannya oleh dokter adalah suntikan glukagon.
Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan
 Source : alodokter

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB