Sunday, 14 August 2016

Apa Sih Total Protein itu ???

Tidak usah bingung di sini kami akan menjelaskan tentang Total protein !!!!

Protein adalah suatu makromolekul yang tersusun atas molekul-molekul asam amino yang berhubungan satu dengan yang lain melalui suatu ikatan yang dinamakan ikatan peptida. Sejumlah besar asam amino dapat membentuk suatu senyawa protein yang memiliki banyak ikatan peptida, karena itu dinamakan polipeptida. Secara umum protein berfungsi dalam sistem komplemen, sumber nutrisi, bagian sistem buffer plasma, dan mempertahankan keseimbangan cairan intra dan ekstraseluler. Berbagai protein plasma terdapat sebagai antibodi, hormon, enzim, faktor koagulasi, dan transport substansi khusus.

Protein-protein kebanyakan disintesis di hati. Hepatosit-hepatosit mensintesis fibrinogen, albumin, dan 60 – 80 % dari bermacam-macam protein yang memiliki ciri globulin. Globulin-globulin yang tersisa adalah imunoglobulin (antibodi) yang dibuat oleh sistem limforetikuler.

Fungsi Essensian Protein dalam makanan
  • Protein diperlukan untuk membentuk struktur sel, karena setiap saat tubuh manusia berganti selnya
  • Diperlukan sebagai sunber energi
  • Diperlukan untuk menjaga keseimbangan asam dan basa
  • Untuk menstabilkan tekanan Osmotik dalam sirkulasi darah. Tekanan Osmotik berdampak pada air yang yang disimpan pada jaringan bawah kulit (jaringan entrespitial), dampaknya jika kekurangan protein akan menyebabkan UDEMA
  • Bertugas sebagai sistem transport, contoh Hb à protein yang ada pada sistem darah, yang berfungsi sebagai media transpor O2 dan CO2­
  • Berperan sebagai pelindung tubuh (proteksi), dengan cara membentuk antibody, contohnya protein yang bertugas sebagai pembentuk anti bodi adalah protein dari golongan Globulin
  • Bertugas pada sistim koagulasi, contohnya protein yang bertugas dalam sistem ini adalah fibrinogen
  • Sebagai Biokatalisator, tubuh manusia mempunyai ribuan reaksi kimia, maka dari itu tubuh memerlukan katalisator, biasanya dalam bentuk enzim
  • Sebagai regulator (pengendali), contohnya dari jenis hormon

Apa sih dampak jika kita kekurangan protein?
Jika kekurangan protein maka akan terjadi gangguan berupa:
  • Pertumbuhan pada anak-anak
  • Lamanya masa penyembuhan jika terjadi sakit, karena fungsi protein
  • Menurunnya daya tahan tubuh
  • Reaksi biokimia dalam tubuh akan berjalan lebih lambat
  • Terganggunya keseimbangan cairan, karena salah satu tugas dari protein adalah mengikat air,karena air itu mengandung nitrogen yang balances.
Jumlah protein dan albumin secara rutin diperiksa untuk mengevaluasi status kesehatan seseorang secara menyeluruh. Pemeriksaan ini biasa dimasukkan dalam panel metabolik komprehensif. Total protein dapat menurun dan  meningkat  atau komponen protein globulin berubah karena  berbagai penyakit dan gangguan. Pemeriksaan protein total dan albumin dapat dilakukan dalam berbagai kebutuhan  untuk membantu mendiagnosa penyakit, memantau perubahan status kesehatan, dan sebagai skrining yang dapat menentukan perlu tidaknya pemeriksaan parameter lain.

Kadar  protein total yang rendah mungkin disebabkan gangguan hati, gangguan ginjal. Gangguan bisa terjadi ketika protein tidak dicerna atau diserap dengan baik. Kadar protein  rendah dapat terjadi pada gizi buruk dan dengan kondisi yang menyebabkan malabsorpsi, seperti penyakit celiac atau penyakit radang usus.
Tingkat total protein yang tinggi dapat terjadi pada peradangan kronis atau infeksi seperti hepatitis virus atau HIV. Hal ini juga dapat dikaitkan dengan gangguan sumsum tulang seperti multiple myeloma.


 Periksakan diri anda sebelum terjadi hal yang tidak di inginkan !!!!!

Laboratorium Global (GOLAB) Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin    
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan
 
Sumber : http://www.alodokter.com/infeksi-saluran-kemih 

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB