Tuesday, 9 August 2016

Kalian tau tidak apa itu pemeriksaan Urine (Air Seni) ????

Disini kami sedikit menjelaskan tentang pemeriksaan Urine !!!




Sebelum menilai hasil analisa urine, perlu diketahui tentang proses pembentukan urine. Urine merupakan hasil metabolisme tubuh yang dikeluarkan melalui ginjal.

Dari 1200 ml darah yang melalui glomeruli permenit akan terbentuk filtrat 120 ml per menit. Filtrat tersebut akan mengalami reabsorpsi, difusi dan ekskresi oleh tubuli ginjal yang akhirnya terbentuk 1 ml urin per menit.

Secara umum dapat dikatakan bahwa pemeriksaan urin selain untuk mengetahui kelainan ginjal dan salurannya juga bertujuan untuk mengetahui kelainan-kelainan dipelbagai organ tubuh seperti hati, saluran empedu, pankreas, korteks adrenal, uterus dan lain-lain.

Yang diperiksa adalah volume, warna, kejernihan, berat jenis, bau dan pH urin. Pengukuran volume urin berguna untuk menafsirkan hasil pemeriksaan kuantitatif atau semi kuantitatif suatu zat dalam urin, dan untuk menentukan kelainan dalam keseimbangan cairan badan. Pengukuran volume urin yang dikerjakan bersama dengan berat jenis urin bermanfaat untuk menentukan gangguan faal ginjal. 

Tes urine biasanya digunakan perusahaan bagi para karyawan baru untuk menjalani prosedur penerimaan karyawan baru. Pada umumnya, tes urine meliputi deteksi keberadaan zat-zat yang seharusnya tidak terdapat dalam urine. Misalnya, protein, zat gula, bakteri, kristal-kristal tertentu dalam jumlah yang besar. Tes urine juga digunakan untuk mendeteksi kehamilan serta zat-zat narkoba. 

Penyakit yang dapat dideteksi melalui tes urine cukup banyak, antara lain penyakit ginjal, diabetes ( kencing manis), gangguan hati (lever), eklampsia (pada wanita hamil), dan beberapa lagi lainnya. Pada penyakit-penyakit tersebut, tes urine tetap harus didampingi dengan pemeriksaan fisik. Sebab, tes urine hanyalah pelengkap atau penguat dugaan adanya penyakit dalam tubuh. Setelah menjalani tes, maka sebagai pemilik tubuh, Anda berhak menanyakan tujuan tes urine tersebut serta hasil yang didapat kepada petugas yang memeriksa atau perusahaan tempat Anda bekerja.
 
Tes analisis urin yang diperlukan biasanya untuk menunjukkan kondisi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Tes ini diperlukan oleh orang yang baru saja masuk ke rumah sakit atau untuk keperluan menjelang operasi.
Penilaian dalam analisis tes urin meliputi:
  • Mengetahui tingkat warna, konsentrasi urin dan nilai yang lebih jelas pada urin
  • Mengetahui berbagai zat kimia dalam urin
  • Mengetahui kemungkinan bakteri dan sel yang terdapat pada urin
Fungsi Analisis Urin
Analisis urin diperlukan untuk mengetahui kelainan atau indikasi jenis penyakit tertentu yang muncul pada tubuh. Hampir semua orang yang masuk ke rumah sakit atau memerlukan perawatan khusus biasanya akan diminta untuk melakukan tes urin. Berikut adalah fungsi tes urin ini :
  • Untuk mengetahui beberapa kemungkinan infeksi yang terjadi pada bagian sistem kemih
  • Untuk mengetahui kondisi pendarahan dalam sistem kemih
  • Untuk menetapkan kondisi penyakit ginjal dan hati
  • Tes ini juga bisa dilakukan untuk mengetahui kadar gula dalam urin
Penilaian Analisis Urin
Tes urin diperlukan untuk mengetahui beberapa kondisi tubuh yang digambarkan dari keadaan urin. Selain itu, tes ini juga diperlukan untuk mengetahui zat yang ada pada urin. Berikut ini adalah beberapa penilaian untuk tes urin.
Objek Penilain Fungsi Nilai Rujukan :
  • Bakteri Untuk mengetahui bakteri pada saluran kemih Negatif
  • Kreatinin untuk mengetahui fungsi ginjal Negatif
  • Kristal Untuk mengetahui tingkat zat tinggi dalam urin Negatif
  • Sel epitel untuk mengetahui kondisi sistem kemih dan uretra
Apa Indikasi Penilaian Analisis Urin
Jika dalam prosedur tes ini didapatkan beberapa nilai rujukan positif, maka kemungkinan ada beberapa kondisi dalam tubuh seperti:
  • Kristal menunjukkan adanya tingkat kolesterol tinggi dalam tubuh.
  • Kreatinin menunjukkan ada masalah pada ginjal seperti peradangan,infeksi dan gangguan lain.
  • Bakteri menunjukkan adanya masalah infeksi bakteri pada saluran kemih yang bisa terjadi pada kantung kemih, uretra maupun ginjal.
Maka dari itu sangat penting kita untuk memeriksakan kesehatan kita !!! sebelum penyakit itu semakin merambat dan menyebar alangkah baiknya kita mengetahuinya sejak dini dan mulai untuk menanggulangi !!! jangan menunggu anda merasakan sakit periksaan sebelum anda mengalami rasa sakit yang tidak ingin anda alami !!!!!


Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB