Thursday, 11 August 2016


Selama ini sering kita mendengar istilah anemia atau kurang darah, dimana orang-orang yang menderita anemia dianjurkan mengkonsumsi obat atau bahkan sampai tranfusi darah. Tapi ada juga orang-orang dengan kondisi  dimana sel-sel darah didalam tubuhnya berlebih ,hal ini disebut Polisitemia.

Kasus Polisitemia memang tidak sebanyak kasus anemia, namun tidak ada salahnya kita mengenal tentang penyakit ini. Penyakit ini sering tidak disadari oleh pasien dan baru diketahui jika sudah terjadi komplikasi yang berat.

Berdasarkan ilmu kesehatan, penyebab yang menimbulkan seseorang dapat divonis menderita penyakit ini adalah kadar hemoglobinya yang terlalu berlebihan. Adapun penyakit ini dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis yang bisa diakibatkan oleh kelainan pada sumsum tulang atau juga dikarenakan sel darah merah yang dibutuhkan lebih banyak, dalam artian diakibatkan karena kebiasaan buruk seperti merokok. Pengaruh rokok dapat mengakibatkan oksigen yang dibawa ke jaringan tubuh tidak maksimal, jika begitu sumsum tulang akan menangkap bahwa jaringan tubuh mengalami kekurangan oksigen. Selain rokok, sebab lain yang dapat membuat penyakit ini timbul adalah kelainan ginjal dan bisa juga Karena faktor penderita yang hidup pada daerah pegunungan.

Gejala awal yang nampak seringkali berupa lelah, lemah, pusing, sakit kepala, dan sesak napas. Selain itu, penderita juga akan mengalami gangguan penglihatan dan kemungkinan memiliki bintik buta atau dapat melihat kilatan cahaya. Gejala lain yang ditunjukkan antara lain perdarahan pada gusi, kulit wajah tampak kemerahan, gatal di seluruh tubuh terutama setelah mandi air hangat, terkadang tulang terasa nyeri, pembesaran limpa yang mengkibatkan timbulnya sakit perut, serta kaki dan tangan seperti terbakar.

Polisitemia hanya bisa diketahui dari hasil pemeriksaan laboratorium, maka dari itu jika anda mengalami gejala -gejala diatas sangat penting bagi anda untuk melakukan medical check up secara rutin agar penyakit anda dapat terdeteksi lebih cepat.

Laboratorium Global (GOLAB) Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin    
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan

Penyakit polisitemia memang kasusnya tidak sebanyak anemia. Wajar kalau penyakit ini kurang dikenal. Namun tidak ada salahnya kita mengenal tentang penyakit ini. Siapa tahu ada keluarga atau kerabat atau bahkan kita sendiri yang menderita penyakit ini. Sering penyakit ini tidak disadari. Baru diketahui jika sudah terjadi komplikasi yang berat.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/lina_achien/mengenal-polisitemia-mengapa-darah-penderita-harus-dibuang_5509880ea33311f2542e3a77
Tapi ada juga orang yang kelebihan sel darah merah yang dalam istilah medisnya disebut polisitemia. Kelebihan sel darah merah ini juga tidak baik.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/lina_achien/mengenal-polisitemia-mengapa-darah-penderita-harus-dibuang_5509880ea33311f2542e3a77

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB