Monday, 22 August 2016





Saat sibuk kita sering menyepelekan jam makan kita. Terkadang karena terlalu sibuk bekerja yang jadi alasan untuk melupakan waktu mengisi perut dengan makanan. Apakah anda termasuk sering menunda makan ? jika iya sebaiknya mulai mengurangi kebiasaan tidak baik tersebut  walaupun terlihat sepele, terlambat makan memiliki dampak buruk bagi kesehatan jika dilakukan dalam jangka waktu lama. Mungkin sudah menjadi kebiasaaan kebanyakan orang sering terlambat jadwal makan, bahkan parahnya lagi makan tidak teratur. Kebiasaan buruk tersebut memang harus dihilangkan, mengingat resiko yang akan terjadi.

Berikut kami merangkum dampak sering telat makan  

1. Mudah letih dan lesu

ketika anda telat makan ,pasokan glukosa pada otak menjadi terganggu dalam waktu 4-6 jam sejak jam makan terakhir. Saat pasokan level glukosa rendah, berarti tubuh jadi kurang efisien untuk menjalankan fungsi normalnya. Ujungnya Anda akan mulai merasa mudah lelah, lesu, dan jadi murung. Karena, gula darah yang rendah mempengaruhi memori, konsentrasi dan juga kinerja mental atau fisi.

2. Tukak lambung atau radang lambung

Selain perut bisa keram, penyakit berbahaya lain yang bisa muncul adalah tukak lambung atau peradangan pada lambung. Dalam kasus ini, lambung terluka atau mengalami iritasi yang ditimbulkan oleh cairan lambung pada mukosa lambung. Gejala yang terjadi, nyeri hingga ke ulu hati setelah makan.
Seperti diungkapkan dalam Journal of the American Medical Association, stress melewatkan waktu makan dan jam tidur yang salah berkontribusi meningkatkan beban asam duodenum atau usus 12 jari, yang menjadi penyebab berkembangnya atau memperburuk gejala penyakit tukak lambung.

 3.Kram perut (Irritable Bowel Syndrome)

Makan teratur memiliki banyak manfaat untuk fisik dan juga pencernaan. Tapi,  banyak orang kerap menangguhkan waktu makan dan berpikir hal tersebut bisa jadi jalan menurunkan berat badan. Sayangnya, hal ini justru berbahaya.
Pasalnya, telat makan bisa menyebabkan Irritable Bowel Syndrome yang mengacu pada kumpulan gejala kronis distress lambung, termasuk kram perut dan nyeri, sembelit atau diare, serta kembung. Penyakit ini bisa disebabkan karena sindrom iritasi pada usus. akibat pola makan yang salah. 

4. Kulit Mengering

Makanan membawa asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan air  mineral dalam makanan membuat tubuh terhindar dari dehidrasi. Dampak dari tidak makan akan membuat kulit Anda merespon pembuatan lanugo yang berfungsi untuk menjaga tubuh agar tetap hangat. Jumlah Lanugo yang kering terlalu banyak dan tidak diimbangi dengan mineral yang cukup akan membuat kulit kita mengering.

5. Suhu tubuh menurun.  

Saat kelaparan, maka secara otomatis tubuh akan menghemat energy yang dikeluarkan. Rangsangan yang akan dilakukan oleh tubuh adalah menurunkan aktivitas metabolisme tubuh dengan mengurangi aliran darah ke seluruh tubuh. Efeknya, sirkulasi darah tidak akan normal dan suhu tubuh akan menurun. Biasanya ketika kita tidak makan dalam waktu lama maka akan membuat ujung jari kaki dan tangan terasa dingin.

Jadi, mulailah  mengatur waktu makan dengan teratur selain meningkatkan energi juga dapat menjaga kesehatan dan terhindar dari dampak tersebut.

Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan
 

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB