Sunday, 28 August 2016


Jika telapak kaki anda sering terasa nyeri dan sakit saat berjalan, berdiri ataupun saat bangun tidur, jangan abaikan . Bisa jadi rasa nyeri itu merupakan tanda-tanda suatu penyakit dalam tubuh anda. Namun tidak perlu takut berlebihan karena tidak semua rasa nyeri pada telapak kaki pertanda penyakit serius.Tapi kita tetap harus memastikan hal tersebut, kita harus mengetahui bagian manakah dari telapak kaki yang terasa sakit, misalnya : tumit, telapak kaki tengah, depan atau dekat jari-jari kaki. Dengan mengetahui penyebabnya, kita juga akan lebih mudah melakukan upaya pengobatan.Berikut adalah penyebab-penyebab umum sakit pada telapak kaki sakit:

1. Gout Arthritis
Sakit pada telapak kaki juga bisa diakibatkan oleh penumpukan kristal asma urat pada sendi yang menyebabkan peradangan. Sakit yang diakibatkan kondisi ini sering kali menyerang mendadak dengan rasa sakit yang parah. Sendi yang terkena akan memiliki terasa panas dan membengkak. Keadaan ini biasanya tidak membaik bahkan saat istirahat sekalipun. Gout perlu ditangani dengan obat pereda sakit dan kompres dengan es.
Kondisi ini lebih sering menimpa kaum pria dibandingkan para perempuan. Namun hal ini bukan berarti gout tak bisa menimpa kaum hawa. Para perempuan akan kian rentan setelah mereka mengalami menopause. 

2. Rheumatid Arthritis
Penyakit ini muncul berupa inflamasi kronis yang umumnya menyerang sendi kecil di tangan dan kaki. Rheumatid arthritis menyerang bagian lapisan sendi dan bisa menyebabkan bengkak. Pembengkakan yang terjadi akan terasa sakit dan jika dibiarkan akan mengakibatkan pengikisan tulang dan menimbulkan kelainan bentuk sendi.
Gangguan ini terjadi akibat gangguan pada sistem kekebalan tubuh seseorang. Selain sendi, jaringan lain yang juga bisa diserang oleh rheumatoid arthritis adalah kulit, mata, paru-paru, dan pembuluh darah. Perempuan berusia 40 tahun ke atas adalah kelompok paling rentan mendapat gangguan ini.

3. Keseleo dan tegang otot
Banyak sekali keluhan terkait sakit telapak kaki yang disebabkan oleh keseleo dan otot tegang. Cedera ini umumnya terjadi ketika seseorang mengubah arah atau kecepatan secara mendadak, bertabrakan saat olahraga, dan jatuh.
Sakit di telapak kaki akibat keseleo dan otot tegang seringkali menyebabkan pembengkakan, memar, nyeri, dan pincang. Seseorang yang mendapatkan cedera ini terpaksa berjalan pincang agar keseimbangan berat badan pada kaki tetap terjaga.

 4. Bunion
Adanya benjolan tulang pada sendi di jempol kaki bisa juga menyebabkan telapak kaki sakit. Kondisi yang disebut bunion atau bintal kaki terjadi ketika jempol kaki mendesak posisi jari kaki lainnya. Ciri umum bunion adalah adanya rasa sakit dan kulit yang memerah di atas tonjolan sendi jempol kaki.
Kemunculan bunion kemungkinan dipengaruhi oleh sepatu yang terlalu sempit. Penyebab lain yang mungkin menyebabkan bunion adalah cacat bawaan pada struktur kaki atau terkena arthritis.

 5. Metatarsalgia
Rasa sakit seperti terbakar atau nyeri pada bagian depan kaki secara medis biasa disebut metatarsalgia. Jenis gangguan ini akan memburuk jika penderitanya berjalan.
Keadaan akan semakin memburuk jika penderitanya kelebihan berat badan, melakukan olahraga berat, dan memakai sepatu ketat dalam jangka waktu yang lama. Gangguan ini patut diwaspadai oleh para orangtua karena kelompok umur mereka rentan akan metatarsalgia. Kebanyakan kasus metatarsalga dapat dengan mudah ditangani dengan obat pereda sakit, istirahat, kompres dengan es dan dengan menggunakan sepatu yang menopang secara khusus.


Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan

source : alodokter

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB