Monday, 8 August 2016

Mengapa Darah Kental Harus di Waspadai ????

Kami Akan Menjelaskan Sedikit Tentang Darah Kental....



Darah merupakan bagian dari tubuh yang mengalir secara terus menerus dan lancar seumur hidup. Tapi pada saat terjadi perdarahan, darah dapat mengalami proses pembekuan dengan cepat atau dengan kata lain dapat menghentikan terjadinya perdarahan. Hal ini terjadi melalui interaksi yang kompleks antara zat di dalam darah dan dinding pembuluh darah. Tentu saja hal ini dapat menghindarkan seseorang dari resiko perdarahan yang berlebihan yang dapat membahayakan jiwa.
Namun, pembekuan darah yang terjadi secara tidak normal, dapat mengakibatkan kondisi yang fatal seperti menyebabkan serangan jantung, stroke, paru-paru, masalah otak, maupun masalah medis lainnya yang serius.


Hal ini dapat menimbulkan beberapa gejala seperti timbulnya kemerahan, rasa sakit, serta terjadinya pembengkakan di daerah yang mengalami perdarahan. Flebitis superfisial merupakan bagian tubuh yang jarang timbul terjadinya komplikasi dan hanya membutuhkan perawatan yang minimal jika mengalami luka.
Sedangkan darah kental yang terjadi pada bagian yang lebih dalam (deep vein trombosis) dengan kondisi yang lebih parah dapat menyebabkan masalah yang lebih serius pada daerah yang terkena. Biasanya hal tersebut terjadi pada bagian kaki.



Sindrom darah kental adalah serangkaian gejala yang muncul akibat kekentalan darah berlebihan. Akibat darah terlalu kental, aliran darah ke seluruh tubuh menjadi tidak lancar. Pasokan oksigen ke sel sel tubuh pun terhambat. Migrain adalah salah satu gejala karena pasokan oksigen ke otak tersendat . Tidak banyak orang yang tau atau waspada tentang efek berbahaya dari sindrom darah kental ini, padal sudah banyak korban stroke atau jantung akibat darah kental.

Darah kental diakibatkan karena kekurangan banyak cairan darah atau trombosit (zat yang berperan dalam pembekuan darah) sehingga mudah lekat satu sama lain. Bila seseorang memiliki kolestrol tinggi atau punya kebiasaan merokok, darah yang sudah kental semakin susah mengalir. kolestrol yang menempel di dinding pembuluh darah membuat penampangan pembuluh darah menyempit.

Pentingnya memeriksakan kesehatan sebelum merencanakn kehamilan salah satu nya untuk medeteksi darah kental yang menyebabkan wanita sering kali sulit hamil. 
Darah Kental yaitu kondisi darah yang kekurangan cairan sehingga mengakibatkan sel yang menempel satu sama lain nya . Dengan adanya konsisi ini maka  mengakibatkan gangguan aliran nutrisi dan juga oksigen ke seluruh tubuh yang mengakibatkan penderita darah kental mengalami gejala seperti migrain, pusing, pegal pad aleher dan tengkuk , mengalami pandangan yang berkunang dan daya ingat yang menurun.Tingginya kadar anticardiolipin antibody (ACA) mengakibatkan darah kental atau dalam istilah medis antiphospholid syndrome (APS) kadar anticardiolipin antibody merupakan darah yang menyebabkan reaksi dalam bentuk pengaruh pada kekebalan yang mengakibatkan janin yang ada  dianggap sebagai benda asing yang membuat reaksi dalam meningkatkan kekebalan darah , darah kental pada ibu hamil atau penderita

Bahaya akibat darah yang mengental di tubuh diantaranya yaitu :

1. Peredaran darah yang kurang lancar dan terhambat.

2. Organ ginjal menjadi bekerja ekstra keras untuk menyaring darah kental tadi. Karena saringan dalam ginjal halus, tidak jarang darah yang kental bisa menyebabkan perobekan pada glomerulus ginjal sehingga mengakibatkan air seni Anda berwarna kemerahan. Dan bila hal ini dibiarkan terus menerus akan mengakibatkan Anda untuk mengeluarkan biaya mingguan untuk CUCI DARAH karena ginjal Anda rusak.

3. Pengentalan ini sudah pasti berpengaruh terhadap otak. Saat darah kental mengalir melewati otak, perjalanannya agak tersendat. Otak tidak akan encer lagi, karena sel-sel otak adalah yang paling boros dalam mengkonsumsi makanan dan oksigen. Dan hal inilah yang menyebabkan STROKE.
Dalam beberapa kasus, pembekuan darah tidak memiliki gejala apapun. Berikut ini beberapa gejala dari gangguan pembekuan darah atau darah kental :

1. Sakit kepala atau Migrain
Sindrom darah kental merupakan salah satu gejala akibat terjadinya kekentalan darah yang berlebihan. Jika darah terlalu kental, hal tersebut akan mengakibatkan aliran darah yang membawa oksigen keseluruh tubuh, termasuk ke otak akan terhambat. Salah satu akibat yang ditimbulkan oleh hal tersebut adalah timbulnya sakit kepala atau migrain.
2. Sering Kesemutan
Gangguan ini terjadi akibat kurang lancarnya aliran darah yang menyuplai oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kurang berolah raga maupun melakukan aktivitas duduk yang terlalu lama3. Mabuk
Gangguan ini dapat disebabkan karena kurangnya pasokan oksigen ke otak akibat gangguan keseimbangan oleh pengentalan darah. Hal ini dapat mengakibatkan penderita kurang berkonsentrasi yang pada akhirnya dapat menimbulkan kecelakaan atau cidera saat melakukan sesuatu. Mabuk bisa disebabkan dari bahaya  alkohol
4. Hilang ingatan
Hal ini juga dapat diakibatkan karena kurangnya pasokan oksigen ke otak akibat tidak lancarnya aliran darah dalam tubuh. Ingatan mereka akan kembali pulih setelah melakukan kegiatan terapi pengobatan.
5. Gangguan penglihatan
Pandangan menjadi ganda, berbayang, bahkan sama sekali tidak dapat melihat merupakan gejala darah kental. Hal ini ditimbulkan oleh pasokan darah ke jaringan arteri dan vena mata mengalami hambatan akibat darah mengental.
6. Gangguan pada kulit
Penderita sindrom darah kental seringkali mengeluhkan adanya gangguan pada kulit mereka, yaitu timbulnya noda disekitar lengan dan kaki (livedo reticularis) berupa bercak merah kebiruan yang disebabkan gangguan pembuluh darah.
7. Gangguan pada usus
Sindrom gejala darah kental ini dapat mempengaruhi aliran darah pada organ usus. Hal ini dapat mengakibatkan timbulnya rasa sakit pada bagian perut, demam, maupun timbulnya perdarahan pada anus.
8. Terjadinya keguguran yang berulang
Mengentalnya darah dapat mengganggu sirkulasi nutrisi dan oksigen ke janin sehingga asupan makanan maupun oksigen ke janin menjadi terhenti. Hal ini bisa menimbulkan bayi meninggal dalam kandungan ataupun keguguran.
9. Penyumbatan pada paru-paru
Hal ini disebabkan karena penggumpalan darah yang terjadi dapat menghambat aliran darah pada pembuluh darah. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri di penyebab dada sakit, napas pendek atau tersengal.
10. Kram
Kram otot dapat terjadi karena adanya kontraksi pada otot yang timbul secara tiba-tiba yang dapat membuat penderitanya tidak bisa bergerak sama sekali sampai kram tersebut hilang. Hal ini bisa disebabkan oleh tersumbatnya aliran darah dalam tubuh akibat penyempitan pembuluh darah
Sebelum Terjadi hal Sepert ini maka segeralah periksakan kesehatan anda, sayangi diri anda sejak dini.. bila bukan anda yang mejaga siapa lagi !!!!!
Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan

Normalnya darah itu encer dan mudah mengalir, ketika pengentalan darah terjadi, darah kental akan menghambat sirkulasi oksigen, nutrisi, dan hormon sehingga mengurangi pengiriman ke jaringan dan sel-sel di seluruh tubuh. Hal ini dapat mengakibatkan kekurangan nutrisi dan hormon serta Hipoksia, suatu kondisi di mana sel-sel tubuh hanya memiliki kadar oksigen yang rendah.

Bersumber dari: Penyebab Darah Kental, Bahaya, dan Obatnya | Mediskus

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB