Friday, 26 August 2016





Setiap hari berbagai macam makanan kita konsumsi , Tanpa adanya makanan, kita akan lemah dan lesu karena energi yang kita dapatkan bersumber dari makanan yang kita konsumsi. Disaat perut kita lapar , kita sering makan - makanan dalam jumlah banyak bahkan hingga kekenyangan. Makan terlalu banyak ternyata tidak memberikan manfaaat bagi tubuh melainkan memberikan dampak buruk bagi kesehatan. 


Ada beberapa bahaya makan terlalu kenyang yang harus anda waspadai, seperti contoh di bawah ini:

1. Masalah pencernaan
Tak perlu ditanyakan lagi, makan berlebihan alias makan terlalu banyak akan menyebabkan banyak masalah di saluran pencernaan.  Jika jumlah makanan dalam lambung terlalu banyak atau melebihi kapasitas enzim pencernaan yang diproduksi, maka makanan tidak tercerna dengan sempurna.
Makanan yang tidak tercerna sempurna ini kemudian masuk ke usus dan menyebabkan fermentasi, salah cerna, dan menimbulkan gas. Akibat makan berlebihan dapat juga timbul gejala berupa rasa sakit perut dan perut dirasakan penuh dan membengkak, hal ini dibuktikan dengan bersendawa (belching) yang keras bertubi-tubi. Simtom ini terutama ditemukan pada meraka yang bergantian menelan dan mengeluarkan udara. Bila tidak dapat bersendawa, maka perut akan terasa kembung (meteorismus) dan kentut (flatus) yang tidak berbau. Selain perut menjadi tidak enak juga dapat berakibat muntah dan diare.

2. Obesitas
Banyak makan tentu membuat berat badan anda semakin bertambah. Terlebih jika anda tidak mengimbanginya dengan berolahraga, maka bisa dipastikan tubuh anda akan mengalami kenaikan berat badan yang tidak menyenangkan. Kegemukan yang berujung pada obesitas adalah efek negatif pertama dari makan berlebihan. Dan seperti diketahui, makan berlebihan akan menyebabkan masalah kesehatan, termasuk jantung dan kolesterol.  

3.Gagal organ
Ahli kesehatan mengatakan bahwa makan berlebihan bisa menyebabkan malfungsi organ. Beberapa organ misalnya organ pencernaan, liver, dan ginjal bisa saja stres dan akhirnya tak berfungsi dengan baik.

4.Masalah asam lambung
Makan berlebihan juga bisa membuat perut jadi sakit dan bergas. Terlalu banyak makan akan menyebabkan asam lambung naik dan perut kembung.

5. Bau Mulut
Meski tidak setiap orang mengalami bau mulut akibat kelebihan makanan, namun nyatanya ada beberapa orang yang mengalami gangguan bau mulut tak sedap akibat terlalu banyak makan. Dengan nafas yang tidak sedap tentu akan merasa kurang percaya diri dalam mengajak orang berkomunikasi. Jika sudah demikian, percaya diri anda tentu akan menurun seketika.



Bagi anda yang gemar makan, sebaiknya konsumsi jenis makanan sehat yang tidak membuat tubuh anda melebar dalam sekejap mata. Perbanyak konsumsi makanan yang rendah kalori sepertu sayur, gandum utuh, daging tanpa lemak serta buah yang terbukti menjadi jenis makanan sehat sehari-hari. Nutrisi kaya yang terkandung di dalam jenis makanan tersebut baik bagi tubuh sekaligus menghindarkan anda untuk makan terlalu banyak dan jangan lupa untuk mengontrol kesehatan anda dengan melakukan pemeriksaan laboratorium seperti lemak dan gula darah yang sangat dipengaruhi oleh makanan.

Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan

source : dikutip dari berbagai sumber


0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB