Monday, 1 August 2016


Aterosklerosis adalah kondisi di mana terjadi penyempitan di dalam pembuluh darah arteri akibat pengendapan kolesterol dan zat-zat lemak lainnya.Penyakit ini juga dikenal dengan istilah pengapuran pembuluh darah. Awalnya, kolesterol yang dibawa oleh darah menumpuk. Semakin lama, tumpukan kolesterol itu akan mengeras dan mempersempit saluran pembuluh darah. Akibatnya, terjadi gangguan peredaran darah dan oksigen dalam tubuh.
Celakanya lagi, plak kolesterol yang terbentuk di dalam pembuluh darah bersifat rapuh dan mudah pecah. Bila terjadi pecahan, dapat menimbulkan luka pada dinding pembuluh darah.Luka yang terjadi dapat menyebabkan pembentukan bekuan darah pada pembuluh darah yang semakin menyumbat rongga pembuluh darah. Bekuan darah dapat berujung pada stroke dan serangan jantung.

Banyak orang yang percaya bahwa aterosklerosis disebabkan oleh banyaknya kolesterol lipoprotein densitas rendah, juga dikenal sebagai “kolesterol jahat.” Kolesterol sangat penting bagi tubuh karena perannya dalam membantu produksi vitamin D dan hormon.

Sebelum terjadinya penyempitan arteri atau penyumbatan mendadak, aterosklerosis biasanya tidak menimbulkan gejala.Yang khas adalah bahwa gejala-gejala tersebut timbul secara perlahan, sejalan dengan terjadinya penyempitan arteri oleh ateroma yang juga berlangsung secara perlahan.

Gejala utama Aterosklerosis 

1.Angina (Terasa sesak pada dada).
2.Merasa lelah tanpa tahu penyebabnya.
3.Sesak napas.
4. Detak jantung yang abnormal.
5.Mati rasa pada ektremitas.
6.Hilang selera makan.
7.Edema (Penimbunan cairan pada rongga tubuh)

Gejala aterosklerosis dapat beragam, tergantung pada letak penyakit. Namun, ada kasus di mana aterosklerosis tidak memiliki gejala pada stadium awal, seperti pada penyakit ginjal.



Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB