Wednesday, 20 July 2016




Pernah mengalami gusi berdarah ? Ternyata dari hasil sebuah riset membuktikan 5 dari 10 penduduk indonesia pernah mengalami gusi berdarah. Pendarahan gusi sebenarnya tidak terlalu berbahaya karena darah yang keluar relatif sedikit namun jika tempat keluarnya banyak dan intensitasnya juga sering,  maka  otomatis darah yang keluar juga bisa banyak dan sangat mengganggu sekali karena sedapat mungkin darah yang keluar dan berada didalam mulut itu harus kita jaga agar jangan sampai tertelan masuk kedalam tubuh. Penyebab secara umum adalah karang gigi dan tidak bersih namun selain itu adalagi penyebab gusi berdarah yang berhubungan dengan suatu penyakit, antara lain kekurangan vitamin C dan kelainan darah. Kekurangan vitamin C terjadi pada orang yang tidak makan sayur atau buah dalam jangka waktu lama. Gusi pada penderita kekurangan vitamin C menjadi bengkak, berwarna keunguan dan terjadi perdarahan. Keadaan kekurangan vitamin C ini dinamakan Scurvy. Cara penanganannya adalah dengan memberikan vitamin C.

Kelainan darah yang biasanya berkaitan dengan perdarahan gusi adalah leukemia dan trombositopenia. Gusi berdarah bagi penderita leukemia bagaikan sebuah kesatuan yang hampir tidak akan pernah terpisahkan dan diibaratkan seperti dua sisi mata uang dalam sebuah koin. Bahkan sebelum seseorang di vonis menderita leukemia terkadang orang tersebut sudah terbiasa mengalami pendarahan gusi terutama terlihat jelas ketika sedang menggosok gigi pada pagi maupun sore hari, atau ketika sedang mengulum / mengemut sesuatu, bahkan bila sekedar sedang berkumur kumur ataupun membuang ludah.

Karena pada leukemia umumnya juga terjadi trombositopenia maka gusi penderita leukemia juga mudah berdarah. Trombosit adalah salah satu elemen darah yang diperlukan untuk pembekuan darah. Apabila jumlahnya menurun sampai di bawah batas normal maka kemungkinan terjadi perdarahan lebih besar. Trombositopenia dapat merupakan penyakit yang berdiri sendiri atau bagian dari penyakit lain, misalnya demam berdarah. Jadi apabila didapati gusi berdarah disertai gejala-gejala lain seperti badan mudah lelah, demam, penurunan berat badan, berkeringat di waktu malam dan lain-lain sebaiknya segera datang ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

 
Jika pendarahan terus terjadi dalam waktu yang lama maka sudah seharusnya kita memeriksakan darah ke laboratorium guna mengetahui dengan pasti berapa jumlah kadar trombosit dalam darah kita agar dapat diantisipasi dengan baik.

Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan

Source:dikutip dari berbagai sumber

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB