Tuesday, 12 July 2016


Belakangan ini, berita tentang beredarnya vaksin palsu yang ditemukan di beberapa Rumah Sakit di tanah air begitu menggemparkan dunia kesehatan Indonesia. Adanya kasus ini pun akhirnya membuat banyak orang tua menjadi resah dan berpikir ulang untuk memberikan vaksinasi bagi buah hatinya.Apa sih vaksin itu ?

Vaksin berasal dari bahasa latin vacca (sapi) dan vaccinia (cacar sapi). Vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan aktif terhadap suatu penyakit sehingga dapat mencegah atau mengurangi pengaruh infeksi oleh organisme alami atau liar.
 

Vaksin dapat berupa galur virus atau bakteri yang telah dilemahkan sehingga tidak menimbulkan penyakit. Vaksin dapat juga berupa organisme mati atau hasilhasil pemurniannya (protein, peptida, partikel serupa virus, dsb.). Vaksin akan mempersiapkan sistem kekebalan manusia atau hewan untuk bertahan terhadap serangan patogen tertentu, terutama bakteri, virus, atau toksin. Vaksin juga bisa membantu sistem kekebalan untuk melawan selsel degeneratif (kanker).

Pemberian vaksin diberikan untuk merangsang sistem imunologi tubuh untuk membentuk antibodi spesifik sehingga dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin. Ada beberapa jenis vaksin. Namun, apa pun jenisnya tujuannya sama, yaitu menstimulasi reaksi kekebalan tanpa menimbulkan penyakit.

5 cara membedakan Vaksin asli dan Vaksin Palsu:

1. Orang tua harus teliti dan mintalah izin kepada dokter untuk melihat kemasan dari vaksin yang akan digunakan. Vaksin asli kualitas cetakan hurufnya jelas, tidak buram. Kemasan juga harus dalam keadaan bagus, tidak robek, dan bersih.

2. Vaksin asli pasti mencantumkan tanggal kadaluarsa pada kemasannya. Selain itu, pada vaksin asli terdapat  nomor yang dinamakan lot number. Nomor pada setiap vaksin ini berbeda dengan vaksin lainnya.

3. Bila kemasan dibuka, tanggal kadaluarsa serta lot number botol vaksin asli, sama seperti yang tertera pada kemasannya.

4. Cairan vaksin asli berwarna bening dan tidak keruh. Vaksin ini juga hanya digunakan 1 kali saja.

5. Vaksin asli memiliki penutup yang disegel dan tidak cacat.

Dampak vaksin palsu  bagi anak adalah risiko terberatnya anak akan terkena infeksi. Pembuatan vaksin palsu yang tidak steril dan tidak mengikuti prosedur seperti pembuatan vaksin asli tentu akan menimbulkan banyak kuman dan menyebabkan infeksi.

Jadi berhati-hati lah saat ingin memberikan vaksin kepada si buah hati

 Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan



0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB