Monday, 18 July 2016


Anemia merupakan penyakit akibat tubuh kekurangan sel darah merah.  Hemoglobin atau sel darah merah sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membawa oksigen dan makanan ke seluruh tubuh. Apabila mengalami anemia akan merasakan lelah, lemah dan lesu atau 3L. Hal tersebut mudah terjadi pada wanita yang menjalankan program diet, sebab diet lebih mengontrol pola makanan yang hanya rendah kalori dan tinggi serat yang kemungkinan kandungan nutrisi sangat sedikit. 

Anemia atau kekurangan sel darah merah dapat terjadi akibat kurang mengkonsumsi makanan bernutrisi dan penambah darah. Faktor makanan juga dapat mempengaruhi terjadinya anemia. 
Gejala yang sering terjadi adalah mudah letih saat melakukan aktivitas fisik ataupun mental,nafas pendek,pusing,mual,wajah dan kuku terlihat pucat.
Nah, makanan apa sajakah yang dapat menambah darah yang penting bagi tubuh, simak terus ya!

1.Sayuran  
Sayuran merupakan tumbuhan yang mudah kita jumpai, baik di pasar atau di kebun miliki sendiri. Sayuran juga dapat menambah hemoglobin atau darah sehingga dapat mencegah terkena anemia. Sayuran tersebut seperti bayam, kacang polong hijau, ubi, kentang, sawi, brokoli, kol, lobak dan kacang merah. Dari semua jenis sayuran tersebut, ubi dan bayam sering digunakan sebagai bahan makanan untuk menambah sel darah merah karena tingginya kandungan zat besi di dalamnya. Fungsi dari zat besi sendiri adalah mengaktifkan hemoglobin dan meningkatkan kandungan oksigen dalam darah yang akan di edarkan ke seluruh tubuh.

2.Buah – Buahan  
Selain sayuran, buah juga dapat meningkatkan jumlah hemoglobin dalam tubuh. Buah tersebut seperti apel, anggur merah, kismis, plum, limau, jeruk dan melon. Semua jenis buah tersebut juga memiliki manfaat melancarkan peredaran darah sehingga terhindar dari penyumbatan dan terhindar dari penyakit jantung.

3.Daging  
Mengkonsumsi daging juga dapat menambah hemoglobin, sebab di dalamnya terdapat kandungan zat besi yang cukup tinggi. Daging juga mudah untuk dicerna oleh organ pencernaan, sehingga tidak mengakibatkan gangguan pencernaan seperti sembelit. Namun bagi yang menjalankan program diet, alangkah baiknya untuk mengkonsumsi daging yang rendah lemak. Sehingga terhindar dari penyakit jantung atau kolesterol.

4.Kacang Almond  
Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang – kacangan yang sangat tinggi kandungan zat besi. Selain itu, kacang almond mudah di dapat dan harganya cukup pas di kantong. Jadi, sehat didapat kantong pun aman.
 
5.Roti dan Sereal 
  Roti dan sereal merupakan makanan yang dapat memenuhi kebutuhan zat besi sebanyak 20% per harinya, apabila rutin untuk dikonsumsi. Roti dan sereal yang terbuat dari gandum juga aman untuk program diet dan juga tinggi kandungan zat besi.

Intinya kita harus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat Besi,Asam Folat,Vitamin B 12 dan minuman yang mengandung Vitamin C.
 

Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan






2 komentar:

obat radang tenggorokan said...

This website is amazing. I will tell about it to my friends and anybody that could be interested in this subject. Great work guys!

LABORATORIUM GLOBAL FARMA said...

Terimakasih, Kunjungi Terus Blog Kami semoga bermanfaat.

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB