Sunday, 10 July 2016

 

Setelah berpuasa satu bulan penuh biasanya lebaran dijadikan ajang "Balas Dendam" untuk menyantap makan-makanan khas lebaran yang identik dengan manis, bersantan dan berlemak. Hidangan yang tinggi akan kolesterol dan glukosa ini jika disantap berlebihan tentu saja akan membuat tubuh kita kaget yang menimbulkan penyakit-penyakit pasca lebaran. Ditambah lagi kesibukan merayakan lebaran itu sendiri menyebabkan pasien melupakan kewajiban minum obat untuk mengontrol penyakitnya.
Lepasnya kontrol diri terhadap pantangan makanan itu ditambah dengan banyak tersedianya makanan berlemak membuat seseorang jadi rentan terkena penyakit metabolik untuk jangka panjang berupa diabetes, tekanan darah tinggi, peningkatan Kolesterol, serangan jantung mendadak dan gangguan ginjal. Buat orang kebanyakan diare juga merupakan ancaman penyakit yang biasa diderita orang saat lebaran.

Agar tidak kecolongan, waspadai gejala serangan jantung di hari raya. Tanda-tanda serangan jantung biasanya adalah napas pendek-pendek atau nyeri dada setelah makan enak. Sering dikira, rasa nyeri itu adalah indigestion atau salah cerna. Ada pula gejala serangan jantung berupa tubuh banjir keringat dan namun bila diraba terasa dingin. Segera pergi ke rumah sakit adalah tindakan bijaksana meskipun itu hari pertama merayakan lebaran.


Cara paling baik berkelit dari penyakit berat serupa serangan jantung, stroke dan diabetes terlebih di hari raya adalah dengan mencegahnya agar tidak benar-benar datang. Periksa kesehatan atau check up adalah langkah bijaksana mengetahui kondisi kesehatan secara menyeluruh.


Lewat check up itu dilakukan skrining faktor-faktor risiko untuk terkena penyakit sehingga bisa dilakukan tindakan pencegahan sejak dini. Seseorang memiliki risiko tinggi sakit jantung jika dia menderita kadar Kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, kegemukan, kurang olah raga dan merokok.


Karena itu, untuk orang tua tercinta, mungkin hadiah periksa kesehatan lengkap ini bisa jadi hadiah lebaran yang tak ada duanya untuk mereka. Sebab dengan check up, kesehatan mereka bisa dimonitor dan risiko-risiko serangan jantung dan stroke bisa dicegah lebih dini.
Sebaiknya untuk pencegahan aneka penyakit itu lakukan pemeriksaan lengkap di laboratorium mencangkup kencing manis, Kolesterol, asam urat, fungsi hati, fungsi ginjal, darah lengkap, urin lengkap serta juga pemeriksaan tekanan darah

Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan








source: kompas
 

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB