Friday, 1 July 2016




Betapa seringnya kita mendengar pepatah mencegah lebih baik dari pada mengobati, dari sedari kita kecil sampai kita besar. Namun, yang menjadi pertanyaan, apakah kita lebih sering mengobati kesehatan kita apabila telah terganggu atau mencegahnya sebelum terganggu khususnya disaat kita masih di masa muda?

Penyakit datangnya tidak terduga dan setiap saat selalu datang menghampiri setiap manusia yang hidup. Tak peduli siapapun, dari manapun dan kapanpun. Tak peduli rakyat jelata dan para pejabat tinggi. Bahkan dokterpun bisa saja terkena serangan penyakit. Makanya sakit itu tidak pilih orang dan tidak memilih orang berpangkat atau tidak berpangkat. Solusinya adalah pencegahan. Seperti kata pepatah : Mencegah Adalah Lebih Baik dari pada Mengobati. Mengantisipasi timbulnya penyakit adalah jauh lebih baik dari pada mengurus penyakit yang sudah datang terlebih dahulu.
Bagaimana mengantisipasi atau mencegah datangnya penyakit ? Di antaranya dengan cara makan teratur dan makan makanan yang bergizi dan sehat. Mengatur makanan kadang menjadi hal yang kita anggap enteng saat penyakit belum menghinggapi badan kita. Baru setelah penyakit datang maka buru-buru kita mencari cara bagaimana mengatur makanan. Seperti dalam sebuah perang,  datang musuh terlebih dahulu baru sibuk mencari senjata untuk melawannya. Tentu saja hal tersebut menjadi terlambat karena musuh sudah melakukan persiapan terlebih dahulu.

Di samping itu, tentu saja makanan yang kita konsumsi harus memenuhi standar kesehatan. Jadi makan tidak asal makan. Dalam ilmu kesehatan dikenal dengan istilah makanan 4 sehat 5 sempurna berupa daging, sayuran, buah, nasi dan kemudian susu. Bahkan kalau bagi umat Islam menjadi makanan 5 sehat 6 sempurna. Apa yang ke 6 ? Yang ke 6 adalah makanan harus halal. Ya, tidak hanya makanan yang harus baik, tapi juga harus halal, hasil memperoleh dengan cara-cara halal.

Kemudian Mencegah timbulnya penyakit adalah dengan melakukan olah raga secara teratur. Makan saja secara teratur dan memenuhi standar kesehatan adalah tidak cukup. Karena itu perlu berolah raga secara teratur agar peredaran darah menjadi lancar. Ibarat air, jika air tergenang dan mengalir tidak lancar, maka biasanya banyak sekali kotoran dan sampah berserakan. Tapi lain halnya jika air mengalir, alirannya sangat jernih dan kotoran akan habis dengan sendirinya. Saya yakin manusia juga begitu.


Selain makan teratur, makan makanan bergizi dan olah raga secara teratur, kita juga harus mengetahui kondisi tubuh kita walaupun tidak terasa sakit yaitu dengan cara medical check up!
Medical check up adalah suatu proses pemeriksaan semua bagian tubuh secara seksama dengan cara pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium (darah dan urin), rontgen untuk memeriksa paru-paru, EKG untuk pemeriksaan jantung, dll. Semakin lengkap pemeriksaan yang dilakukan maka akan semakin banyak  informasi tentang kondisi tubuh kita. Semakin banyak informasi yang ada tentang tubuh kita maka akan semakin memudahkan kita dalam mengelola kesehatan diri sendiri. 
 
Medical Check Up secara berkala juga bermanfaat untuk mendiagnosa penyakit secara dini sehingga pemulihan lebih mudah dilakukan.  Seringkali dokter memeriksa pasien yang merasa bahwa keadaan kesehatannya baik-baik saja ternyata setelah diperiksa dia terserang salah satu penyakit. Begitulah sebaiknya kita selalu berusaha untuk menjaga kesehatan diri  sendiri dengan cara pola hidup sehat dan melakukan medical check up secara berkala terlebih bagi orang yang pekerjaannya memiliki risiko tinggi terserang penyakit seperti petugas/pengelola arsip, tenaga medis, bidang peternakan, pertambangan dan lain-lain.

Ayo jaga kesehatan tubuh anda, dengan cara mencegah lebih baik dari pada mengobati. 


Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal
#klinikglobalbanjarmasin
#klinikbpjs
#faskesbpjs
#klinikkemoterapikalimantan



0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB