Friday, 15 July 2016

 

Apakah anda pernah memeriksa gula darah tubuh anda ? atau bahkan anda seorang penderita diabetes ? tahu kah anda bahwa diabetes berefek pada kesehatan mata. Dikutip dari Times of India, gula darah yang tidak terkontrol dapat membuat lensa mata membengkak yang akhirnya menganggu penglihatan. Biasanya akan reda gejalanya saat gula darah kembali stabil. Hanya saja butuh waktu penyembuhan yang tidak sebentar. Kurang lebih perlu waktu tiga bulan untuk kembali mendapatkan fungsi mata yang normal setelah dilakukan pengontrolan gula darah.

Tanda-tanda terjadinya kerusakan retina mata karena diabetes
 
jika gula darah terus menerus tidak terkontrol dan tindakan pencegahan tidak dilakukan, maka pada akhirnya akan timbul berbagai gejala seperti : 

1. Bintik mengambang (floater) pada lapangan pandang. 
2. Titik gelap pada bagian tengah lapangan pandang. 
3. Kesulitan melihat di malam hari. 
4. Penglihatan kabur, atau bahkan kebutaan. 

Perawatan dan Penanganan 

Langkah-langkah yang harus dilakukan jika mengalami masalah mata karena diabetes adalah sebagai berikut: 
1. Menjaga kadar glukosa darah dan tekanan darah mendekati normal. 
2. Melakukan pengobatan dengan metode laser. Dokter mata mungkin akan menyarankan pengobatan dengan metode laser. Pengobatan dengan metode laser dapat memperlambat hilangnya penglihatan 
3. Melakukan vitrectomy. Vitrectomy adalah prosedur yang bertujuan untuk menghilangkan darah dan cairan dari vitreous mata. Kemudian cairan bersih dimasukkan kembali ke dalam mata. Jika darah banyak yang bocor ke vitreous dan penglihatan semakin memburuk, maka dokter mata mungkin akan menyarankan untuk menjalani operasi vitrectomy. Operasi ini akan membuat penglihatan menjadi lebih baik.

Walaupun Tidak semua kenaikan gula darah akan memicu masalah pada mata. Namun jika mata mengalami beberapa hal demikian, maka ada baiknya mengecek gula darah untuk melihat sejauhmana kemungkinan zat tersebut telah meracuni mata. Segera periksakan gula darah anda agar selalu terkontrol

Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan


0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB