Monday, 25 July 2016


Apa itu thalasemia? Thalasemia adalah nama sebuah penyakit. Penyakit ini memang kurang familiar di telinga masyarakat karena penyakit ini adalah penyakit genetik .Namun jangan salah, ternyata angka kejadian penyakit ini di Indonesia termasuk cukup besar lho.

Thalasemia adalah kelainan darah yang mana tubuh tidak memproduksi cukup hemoglobin sehingga mengakibatkan jumlah hemoglobin di dalam tubuh sedikit. Hemoglobin adalah protein pembentuk sel darah merah yang berguna untuk mengikat oksigen dan membawanya ke seluruh tubuh.

Lalu sebenarnya apa itu Thalasemia ? Thalasemia merupakan anemia hemolitik herediter yang diturunkan dari kedua orang tua kepada anaknya secara resesif. Pada penyakit ini terjadi kelainan gen yang mengakibatkan kerusakan sel darah merah.

Satu-satunya penyebab penyakit Thalasemia adalah gen cacat yang diturunkan oleh orang tua. Disini yang perlu digaris bawahi adalah penyakit Thalasemia bukanlah penyakit menular, tetapi penyakit keturunan. Cara diagnosis Thalasemia yang efektif biasanya berdasarkan kepada pola herediter dan pemeriksaan hemoglobin khusus.


Tanda dan gejala muncul tergantung dengan tipe dan keparahan thalasemia. Bentuk paling berat dari thalasemia adalah thalasemia alpha major yang biasanya mengakibatkan bayi meninggal sebelum atau sesaat setelah dilahirkan. Sedangkan untuk seseorang yang hanya menjadi carrier thalasemia, biasanya tidak memiliki gejala. Beberapa bayi dapat menunjukan tanda dan gejala saat baru lahir, sementara yang lainnya baru muncul gejala saat 2 tahun pertama kehidupan.


Gejala umum thalasemia antara lain:

1.Mudah lelah.
2.Lemah.
3.Terlihat pucat.
4.Warna kulit kekuningan (jaundice).
5.Kelainan bentuk tulang wajah.
6.Pertumbuhan yang lambat.
7.Pembengkakan perut akibat pembengkakan limpa.
8.Urin yang berwarna gelap.



Jadi periksakan anak anda segera untuk mengetahui apakah anak anda salah satu penderita Thalasemia

Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan 

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB