Tuesday, 19 July 2016


Mungkin anda pernah mengalami memar , entah itu disebabkan karena terbentur benda keras atau bahkan muncul dengan sendirinya. Memear karena terbentur benda keras itu hal yang normal karena saat terbentur benda keras pembuluh darah dibawah kulit pecah, namun memar ini akan menghilang dengan sendirinya. Lalu bagaimana dengan memar yang bukan karena terbentur benda keras tapi muncul secara tiba-tiba , pasti anda menanyakan apa sebabnya bukan ? Pada artikel kali ini kami akan membahas penyebab memar yang muncul tiba-tiba.

1. Jumlah trombosit yang rendah 
Ketika tubuh Anda tidak dapat memproduksi trombosit secara normal, memar akan muncul tanpa alasan yang jelas. Hal ini biasanya terjadi saat tubuh benar-benar sedang lemah. 

2. Kanker darah
Jika anda mengalami memar yang muncul bersama keluhan lain, seperti gusi dan hidung berdarah, Itu bisa jadi gejala kanker darah. Kanker darah meningkatkan jumlah sel darah putih, yang menyebabkan tubuh kekurangan trombosit. Efeknya, tubuh mengalami masalah pembekuan darah. Sehingga tubuh akan mudah mengalami memar secara tiba-tiba.

3. Kurang Vitamin C
Perlu anda ketahui vitamin C merupakan unsur penting untuk proses penyembuhan luka dan pembentukan lapisan kolagen pada kulit manusia. Asupan Vitamin C yang kurang akan memicu pembuluh darah lebih terbuka, sehingga mudah pecah dan menyebabkan memar. Gejala seseorang kekurangan vitamin C adalah rasa lelah berlebihan, gusi sering berdarah, depresi, sendi bengkak, sering mimisan, kulit dan rambut kering.

4.  Usia

Seiring dengan bertambahnya usia, dinding kapiler darah akan ikut melemah. Trauma ringan bisa menyebabkan pecahnya dinding kapiler. Itulah mengapa orang tua lebih rentan menderita memar. 

5. Kurang Vitamin K
Vitamin K memiliki peran penting dalam proses pembekuan darah. Jika Anda kekurangan vitamin K, maka tubuh Anda akan mudah mengalami memar. Memar terjadi karena adanya pendarahan di bawah kulit. Saat memar terjadi dengan mudah, saat itulah pembekuan darah terhambat.

Penyebab memar bisa bervariasi, baik masalah genetik atau eksternal. Apa pun alasannya, Anda harus lebih waspada. Memar bisa mengindikasikan penyakit serius, terutama kanker. Jika anda  sering mengalami memar secara tiba-tiba , sebaiknya segera periksakan diri anda ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat dan selalu kontrol kesehatan anda dengan melakukan medical check up di laboratorium,

Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs
#faskesbpjs  
#klinikkemoterapikalimantan

Source:dikutip dari berbagai sumber

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB