Wednesday, 22 June 2016

Selain berpahala, makan sahur juga harus dilakukan demi menjaga cadangan asupan dalam tubuh. Tetapi karena capek atau tidur terlalu larut, bangun untuk sahur kadang jadi 'kesiangan' alias mepet imsak.

Dalam agama, disunahkan untuk makan sahur di akhir waktu. Namun bukan berarti bisa bangun sahur terlalu dekat dengan imsak lho, yang dikhawatirkan adalah ketika yang bersangkutan makan dengan terburu-buru.
 

Tubuh harusnya dalam kondisi santai, rest and digest saat makan sahur, tetapi kalau sudah terburu-buru, Anda jadi stres, hormon-hormon pun akan naik semua, seperti adrenalin, kortisol, sehingga tidak mendukung sama sekali untuk berpuasa.

Namun bila tidak sahur, tubuh akan semakin terbebani. Apalagi jika tubuh kekurangan asupan cairan.
 

Meskipun tidak makan, tubuh masih memiliki cadangan glikogen sebanyak 1.600 kalori. Ini sesuai dengan kebutuhan kalori selama 24 jam, artinya walaupun tidak makan atau berpuasa selama 24 jam, tubuh tidak akan 'berontak'.
 

Tubuh butuh cadangan air sebanyak 1.600 cc. Jika di malam hari bisa minum sampai kebutuhan tersebut, maka puasa bisa bertahan. Misalnya karena tidur terlalu lama pemenuhan kebutuhan air tidak sampai 1000 cc maka orang tersebut akan merasa sangat lemas karena defisit yang banyak.

Untuk itu yang terpenting adalah pemenuhan cairannya. Jangan sampai  berkali-kali melewatkan makan sahur sebab akan merugikan kesehatan. 


Jika anda sering bangun terlalu dekat dengan imsak, sebaiknya sediakan cairan elektrolit di lemari es sebagai pengganti makan sahur atau mengantisipasi jika tak sempat makan. Jaga agar tubuh tetap fit dan Jangan lupa kontrol kesehatan dengan memeriksakan diri ke laboratorium.


Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal
#klinikglobalbanjarmasin
#klinikbpjs
#faskesbpjs
#klinikkemoterapikalimantan


0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB