Sunday, 12 June 2016

http://cms.benefit.co.id/statis/dinamis/detail/607.jpg 
Setelah berpuasa seharian menahan lapar dan haus, Saat berbuka puasa tiba tentu saja anda rasanya ingin memakan semua makanan yang dihidangkan dirumah. Namun anda harus tetap waspada pada makanan yang akan anda konsumsi saat berbuka agat tetap sehat, pastikan Anda tidak mengonsumsi beragam makanan dengan porsi yang berlebihan. Namun sayang, sejumlah orang kerap menjadikan buka puasa sebagai ajang "balas dendam". Seperti mengonsumsi gorengan, makanan pedas dan bersantan hingga takjil super manis dalam waktu bersamaan dengan porsi yang berlebih. Padahal, makanan tersebut tidak sehat dan memicu beragam masalah kesehatan lainnya.

Oleh karena itu, pastikan Anda berbuka puasa dengan makanan yang sehat. Berikut makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa.

1. Gorengan
Gorengan menjadi salah satu menu wajib saat berbuka puasa. Rasanya yang gurih, membuat makanan ini disukai banyak orang. Sayangnya, makanan ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Tak hanya memicu kegemukan, gorengan juga membuat organ tubuh harus bekerja keras memproses lemak.

2. Air es
Saat puasa, suhu tubuh akan cenderung lebih hangat. Oleh karena itu, berbuka puasalah dengan air hangat. Pasalnya, mengonsumsi air es saat perut kosong akan membuat tubuh menjadi tidak nyaman.

3. Makanan asam dan pedas
Pakar kesehatan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr.dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB,FINASIM, FACP menjelaskan, mengonsumsi makanan asam dan pedas sebaiknya dikonsumsi secara bijak. Sebab, keduanya bisa mengiritasi lambung karena perut kosong dalam waktu lama.

4. Makanan bersantan
Kandungan lemak jenuh dalam santan memicu meningkatnya kolesterol jahat. Oleh karena itu, santan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Apalagi dikonsumsi penderita maag, akan menyebabkan luka pada lambung.

Untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar di kala berpuasa, asupan makanan yang kita konsumsi saat berbuka dan saat sahur haruslah bergizi dan seimbang. Jauhi makanan yang dapat menimbukan masalah kesehatan anda dan selalu kontrol kondisi kesehatan anda dengan melakukan check up dilaboratorium.

Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin  
#Klinikglobal  
#klinikglobalbanjarmasin  
#klinikbpjs  
#faskesbpjs 
#klinikkemoterapikalimantan
 

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB