Monday, 6 June 2016

http://www.getmeasalary.com/wp-content/uploads/2012/11/11.jpg 



Selamat menjalankan ibadah puasa. Kali ini saya posting artikel berjudul "Batalkah Puasa Orang yang Tes darah ?" Bagi sebagian umat muslim, melakukan tes darah atau diambil darah menjadi sangat mengkhawatirkan, terutama bila dilakukan pada saat sedang berpuasa. Kebanyakan dari mereka takut puasanya menjadi batal, apalagi biasanya seusai diambil darah tubuh menjadi lemas. Lantas, bagaimana sebaiknya bagi seseorang yang dalam kondisi tertentu terpaksa harus diambil darah atau tes darah saat berpuasa ?

Menurut Syeikh Ahmad Kutty, seorang dosen senior dan penerima beasiswa Islam untuk melanjutkan pendidikan di Islamic Institute of Toronto, Ontario, Canada, melalui ONISLAM.NET, selama syariat Isalam dijalankan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari, tidak masalah jika seseorang diambil darahnya saat ia sedang berpuasa.

"Bagi seseorang yang diambil darahnya pada saat ia berpuasa, tidak akan membatalkan puasanya. Akan tetapi, jika memang ada faktor medis yang membuat seseorang yang sedang berpuasa diambil darah, kemudian menjadi kekuarangan darah, lemas, dan diharuskan segera membatalkan puasanya, tidak masalah pula dibatalkan. Ia bisa menggantikan puasanya yang batal itu di kemudian hari," terang Ahmad Kutty.
Ahmad Kutty menegaskan, tidak masalah seseorang diambil darahnya atau melakukan tes darah saat berpuasa. Sebab, mengambil darah dari tubuh seseorang yang sedang berpuasa, tidak lantas membatalkan puasanya.

Maka dari itu jangan ragu untuk melakukan check up, terutama bagi Anda yang memiliki sakit lambung sangat rentan dengan kelancaran berpuasa. Apalagi yang memang sudah mempunyai masalah dengan kesehatannya. Pasien dengan penyakit kronis seperti penyakit diabetes, darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, atau kadar asam urat tinggi sebaiknya melakukan pemerikasaan laboratorium dan cek kesehatan.

Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin #Klinikglobal #klinikglobalbanjarmasin #klinikbpjs #faskesbpjs #klinikkemoterapikalimantan


0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB