Thursday, 9 June 2016

Asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang seringkali menyerang wanita dan pria berusia 30 tahun ke atas. Adakah keluarga, teman dekat anda  atau bahkan anda sendiri yang menderita asam urat tinggi ? bagaimana rasanya , pasti sakit bukan ? Asam urat biasanya menyerang jari-jari kaki, dengkul, tumit, pergelangan tangan, jari tangan dan siku. selain nyeri asam urat juga menyembabkan rasa panas,bengkak radang dan kaku.
Dalam artikel ini akan dibahas pantangan apa saja yang harus dihindari penderita asam urat tinggi, dengan perubahan gaya hidup ,konsumsi obat tertentu, dan menghindari makanan yang mengandung kadar purin tinggi dapat mengendalikan asam urat. Berikut makanan yang mengandung purin tinggi dan harus anda hindari

1. Daging
Meliputi daging sapi, daging kambing, daging kuda, daging babi, daging anjing, daging kerbau, dan daging unggas seperti bebek, kalkun, angsa, dan semacamnya. Semua daging hewan memiliki kandungan purin yang lumayan tinggi, baik daging merah maupun daging putih. Daging kambing, domba, dan kalkun adalah yang paling wajib dipantang dibanding jenis daging lainnnya. Daging ayam dan daging bebek adalah pilihan paling “aman”. Namun, sebaiknya hindari daging bagian dada. Dada ayam termasuk bagian yang tinggi zat purin. 

2. Alkohol dan Softdrink 
Alkohol dan soft drink sangat berbahaya bagi penderita asam urat. Karena, selain membuat kadar asam urat semakin tinggi, keduanya juga dapat membuat tubuh kesulitan membuang kelebihan asam urat. Alkohol dan soda memang dapat meningkatkan kadar asam urat. Oleh karena itu, pantang mengkonsumsi alkohol dan soft drink saat mengalami penyakit asam urat. 

3. Jeroan
 Jeroan terkenal mengandung purin yang sangat tinggi. Jeroan yang pantang dikonsumsi penderita asam urat seperti limpa, hati, jantung, ginjal, paru, lidah, dan sebagainya. Hati sapi mengandung kadar purin lebih tinggi daripada hati ayam 

4. Kacang-kacangan 
Kacang-kacangan dapat membuat penyakit asam urat semakin bertambah parah, sehingga patut dihindari. Kacang-kacangan mencakup kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai dan olahannya (tahu, tempe, oncom, dan sebagainya), kacang koro, kacang merah, melinjo, dan lain-lain. Kacang-kacangan memang mengandung purin tinggi sehingga dapat menambah kadar asam urat.

5. Makanan Laut
Makanan laut seperti udang, cumi-cumi, kerang, remis, kepiting, ikan teri, ikan sarden, dan sebagainya. Bahkan makanan seperti belut, udang dan kepiting air tawar, dan lain-lain juga sebaiknya dihindari. Yang harus dihindari sama sekali adalah ikan teri, ikan asin, serta ikan tuna, sarden, dan mackarel.

6. Buah-buahan tertentu
Buah-buahan seperti alpukat, air kelapa muda, durian, dan emping melinjo baik dikonsumsi untuk kesehatan. Namun bagi penderita asam urat, justru wajib menghindari buah-buahan tersebut agar kondisinya tidak semakin parah.

7. Sayuran tertentu
Sayuran tertentu, walaupun sehat, tidak cocok dikonsumsi penderita asam urat. Contohnya adalah bayam, asparagus, daun singkong, buncis, daun pepaya, kembang kol, kangkung, brokoli, tauge, kacang-kacangan, jamur kuping, daun melinjo, dan semacamnya. Hal ini karena jenis sayuran tersebut mengandung purin yang tinggi. Sehingga malah akan menambah penumpukan asam urat.

Berbagai jenis makanan yang telah disebutkan diatas merupakan makanan pantangan asam urat  yang wajib dihindari oleh penderita asam urat tinggi, selain itu anda juga harus selalu mengecek kadar asam urat anda agar kadar asam urat anda selalu terkendali. segera lakukan pemeriksaan di laboratorium global farma.

Mau Cek Lab ? Golab Aja !
 
Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal
#klinikglobalbanjarmasin
#klinikbpjs
#faskesbpjs
#klinikkemoterapikalimantan



0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB