Monday, 9 May 2016



Jika Anda sering mendapati memar berwarna biru keunguan di bagian tubuh, padahal tidak terbentur apa pun, sebaiknya Anda waspada. Memar ini bisa mengindikasikan terjadinya pendarahan. Menurut Cancer Treatment Center of America, sering alami memar tanpa sebab adalah salah satu tanda awal penyakit leukimia atau kanker darah.

Dr. William Nichols, dari Mayo Clinic, menjelaskan pada dasarnya memar bisa muncul di mana saja di area tubuh termasuk di kaki, hal tersebut wajar, penyebabnya adalah adanya kerusakan akibat benturan pada pembuluh darah kapiler yang berada sangat dekat dengan permukaan kulit.

Besarnya area memar menandakan jumlah perdarahan, sedangkan intensitas warna menandakan waktu perdarahan. Biasanya, memar yang baru saja terjadi akan berwarna biru atau ungu. Sedangkan memar yang sudah agak lama akan berwarna kekuningan.

Sakit tidaknya memar ini tergantung pada sensitivitas tubuh. Pendarahan di dalam tubuh ini terjadi karena gangguan dalam sistem darah. Entah itu pembuluh darah yang tipis, terlalu sensitif, atau darah beku yang menyebabkan memar. 

Memar atau pendarahan tanpa sebab ini disinyalir sebagai gejala dini kanker darah atau leukemia. Pendarahan berkaitan dengan kurangnya kadar trombosit dalam darah. Normalnya, kadar trombosit sekitar 150 ribu/mm. Jika turun mencapai 100 ribu/mm, gejala perdarahan akan sering timbul. Semakin rendah kadar trombosit semakin berbahaya bagi tubuh. Penyakit leukimia adalah salah satu kanker ganas yang disebabkan adanya produksi berlebih sel darah putih, sementara di sisi lain produksi trombosit dan sel darah merah malah berkurang drastis.

Gejala khusus yang sering dialami oleh penderita leukimia limfostik akut adalah pendarahan pada beberapa bagian tubuh gusi berdarah, mimisan dan mudah mengalami memar.

Meski demikian, walaupun anda sering mengalami memar tapi tidak disertai gejala lain seperti bintik merah pada kulit, tubuh lemah, degup jantung sangat cepat, anemia dan muncul gangguan pada lambung maka anda tidak perlu khawatir dengan laukimia, penyebabnya mungkin karena murni memar akibat benturan.

Jika anda mengalami gejala seperti diatas jangan diabaikan dan segera melakukan konsultasi dokter. Deteksi dini dan segera periksakan diri anda di  Global Farma untuk mengetahui kondisi kesehatan anda secara tepat

Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal
#klinikglobalbanjarmasin
#klinikbpjs
#faskesbpjs
#klinikkemoterapikalimantan

source : vivalive

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB