Tuesday, 10 May 2016


Sebagian dari kita tentunya pernah melakukan pemeriksaan kesehatan berupa  tes darah di laboratorium klinik.Untuk diagnosa dan pengobatan yang tepat oleh dokter tentunya diperlukan persiapan pemeriksaan yang benar.Hal ini bertujuan untuk mendapatkan hasil pemeriksaan yang akurat dan menghindari pemeriksaan ulang atau menghindari pemeriksaan tambahan yang tidak perlu.

Berikut anjuran persiapan yang perlu dilakukan sebelum pemeriksaan darah.

1. Puasa Sebelum tes darah

Sebelum Anda melakukan tes darah sebaiknya puasa minimal selama 10-12 jam (kecuali glukosa minimal 8 jam). Hal ini untuk mengurangi variabilitas kandungan gizi dalam makanan dan minuman yang Anda konsumsi yang diserap ke dalam aliran darah dan bisa memberikan dampak langsung. Sehingga lebih memastikan hasil pemeriksaan tidak dipengaruhi oleh konsumsi makanan terakhir dan dapat diinterpretasikan dengan benar oleh dokter.

Beberapa pemeriksaan yang mewajibkan puasa:
- pemeriksaan glukosa
- pemeriksaan kolesterol
 - pemeriksaan urea dan asam urat

Puasa dalam konteks pemeriksaan laboratorium adalah tidak boleh mengonsumsi makanan dan minuman kecuali air putih dalam jangka waktu yang ditentukan. Anda sebaiknya meminum air putih dalam jumlah cukup, karena tubuh yang terhidrasi dengan baik akan memberikan gambaran kadar pemeriksaan yang sebenarnya.

Jika sebelum tes darah Anda tidak berpuasa atau berpuasa dalam waktu yang lebih singkat dari yang dianjurkan, pemeriksaan yang Anda lakukan akan memberikan hasil yang tidak akurat karena pemeriksaan tertentu masih dipengaruhi oleh makanan. Untuk hasil yang akurat Anda sebaiknya mengulang pemeriksaan tersebut. Jika Anda merasa berpuasa justru akan menimbulkan masalah bagi kondisi tubuh, Anda dapat mengkonsultasikannya kepada dokter atau perawat. 

2. Tidak Mengkonsumsi obat-obatan

Saat hendak melakukan pemeriksaan, pasien tidak diperkenankan untuk mengonsumsi obat-obatan. Beberapa obat akan berdampak terhadap hasil tes darah. Tetapi ini tidak berarti Anda diwajibkan untuk berhenti minum obat. Misalnya, penggunaan oral corticosteroids dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Untuk itu Anda diharapkan menginformasikan obat-obat yang dikonsumsi ke pihak laboratorium. Hal ini bertujuan untuk membantu pihak laboratorium dalam memvalidasi hasil Anda.

3. Kapan waktu terbaik untuk tes darah?
Pemeriksaan laboratorium sebaiknya dilakukan pada pagi hari  karena  merupakan keadaan basal tubuh setelah beristirahat pada malam hari. Selain itu tubuh kita memiliki variasi biologis sesuai dengan waktu, artinya kadar analit yang diperiksa pada pagi hari dapat memberikan hasil yang berbeda jika diperiksa pada sore hari.
 
Pantau Selalu kesehatan anda dengan rutin melakukan pemeriksaan laboratorium dan pastikan Anda mengikuti petunjuk dokter atau petugas laboratorium sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan.

Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal
#klinikglobalbanjarmasin
#klinikbpjs
#faskesbpjs
#klinikkemoterapikalimantan 

source : Kompas

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB