Friday, 13 May 2016

Resiko Kolesterol tinggi umumnya identik dengan orang-orang bertubuh gemuk. Orang yang mengalami obesitas atau kegemukan memang berisiko lebih tinggi mengalami kolesterol tinggi, karena metabolisme lemak dalam tubuh berubah lantaran adanya resistensi insulin. namun, tahukah Anda bahwa ternyata orang kurus pun tidak luput dari resiko yang sama?  si kurus yang tidak bisa menjaga pola hidupnya juga bisa mengalami kolesterol tinggi.

Mengapa demikian? Dilansir dari laman galloinstitute.org, berikut alasan mengapa orang bertubuh kurus juga bisa mengalami kolesterol tinggi:

1. Kurang bergerak

Salah satu alasan utama mengapa orang kurus memiliki kolesterol tinggi adalah karena mereka tidak melakukan olahraga secara teratur. Hal ini meningkatkan kadar asam lemak jenuh, yang meningkatkan kadar kolesterol.

Juga, kebanyakan orang menggunakan gadget terbaru untuk menyelesaikan aktivitas sehari-hari yang semakin mengurangi tingkat aktivitas mereka. Terlalu banyak menonton televisi atau menggunakan komputer, yang mengurangi aktivitas fisik juga berkontribusi meningkatkan kolesterol.

2. Kebiasaan makan

Mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak jenuh secara teratur dapat meningkatkan kadar kolesterol. Beberapa makanan yang kaya kolesterol jahat adalah kuning telur, daging babi, udang, margarin, dan hati. Kebanyakan orang kurus makan lebih sedikit makanan tetapi mereka masih menderita kolesterol tinggi karena mereka tidak makan makanan bergizi.

3. Alkohol

Minum alkohol berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Ketika Anda minum terlalu banyak, alkohol tidak dapat dimetabolisme oleh tubuh yang meningkatkan tingkat low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

4. Stres

Gaya hidup sibuk telah meningkatkan level stres, yang merupakan salah satu penyebab utama dari kolesterol tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan level stres dapat menyebabkan akumulasi glukosa dan asam lemak yang meningkatkan kolesterol.

5. Gen

Gen Anda juga bertanggung jawab untuk meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol diproduksi oleh hati, juga ditambah dari makanan yang Anda makan. Gen memengaruhi fungsi hati dalam hal ini.

Dari ulasan diatas tentunya kita menyadari bahwa kolesterol bukan hanya resiko orang gemuk , kurus pun bisa memiliki resiko yang sama, maka dari itu Pastikan bahwa Anda secara rutin memeriksakan kadar kolesterol termasuk kolesterol LDL (jahat), kolesterol HDL (baik), dan trigliserida. Untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah, sebaiknya pemeriksaan di laboratorium dilakukan secara berkala. 

Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal
#klinikglobalbanjarmasin
#klinikbpjs
#faskesbpjs
#klinikkemoterapikalimantan

source :CNN Indonesia

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB