Sunday, 15 May 2016

Ginjal memainkan peran penting dalam menyaring dan mengeluarkan limbah dari tubuh. Setiap hari, dua organ yang berada di kedua sisi tulang belakang ini menyaring lebih dari 200 liter darah dan 2 liter produk limbah - sebelum itu keluar dari tubuh dalam bentuk urine.

Namun, makanan tertentu dapat menyebabkan batu ginjal yang nantinya dapat menurunkan fungsi ginjal. Gejala batu ginjal bervariasi, tapi ada beberapa keluhan umum seperti sakit pinggang, sering buang air kecil, mual, demam, menggigil, dan kelelahan ekstrem.

Kendati demikian, batu ginjal merupakan salah satu masalah paling umum yang dihadapi oleh sebagian besar orang yang kurang minum, mengkonsumsi alkohol yang berlebihan, faktor keturunan, kelebihan berat badan, masalah pencernaan, dan diet yang tidak tepat.

Berikut ini ada contoh makanan tertentu yang dapat memicu batu ginjal, seperti dikutip Boldsky,:

1. Daging Merah
Daging merah tinggi protein, sehingga meningkatkan risiko batu ginjal karena kadar asam uratnya.

2. Minuman berkarbonasi
Mengonsumsi rutin minuman berkarbonasi seperti soda dan minuman energi lainnya dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Sebuah studi baru-baru ini menyimpulkan minuman berkarbonasi mengandung asam fosfat yang menyebabkan batu ginjal dan meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis.

3. Kafein
Terlalu banyak asupan kafein meningkatkan sekresi kalsium dalam urin dan memicu batu ginjal. Karena sifat dieuretiknya, kafein juga memicu dehidrasi yang merupakan salah satu penyebab utama batu ginjal.

4. Pemanis Buatan
Pemanis buatan dapat mengganggu fungsi ginjal. Menurut penelitian, orang yang kerap mengkonsumsi minuman pemanis buatan berisiko tinggi batu ginjal.

5. Alkohol
Konsumsi alkohol berlebihan dapat merusak ginjal dan hati. Alkohol dapat mengganggu fungsi normal ginjal dan meningkatkan risiko batu ginjal.

6. Garam meja
Bukan hanya tinggi natrium atau sodium, garam juga memicu tekanan darah, penyakit jantung, dan penyakit ginjal. Kurangi asupan garam adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah batu ginjal.

inilah  makanan yang dapat memicu pembentukan batu ginjal. Sebaiknya batasi konsumsi berlebih makanan di atas dan jangan lupa selalu lakukan pemeriksaan fungsi ginjal anda dilaboratorium secara berkala.

Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal
#klinikglobalbanjarmasin
#klinikbpjs
#faskesbpjs
#klinikkemoterapikalimantan

Sumber : Liputan6.com

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB